Tata Cara, Manfaat, dan Resiko Menggunakan Minyak Almond Untuk Memijat Kulit Bayi

Minyak almond merupakan salah satu minyak yang cukup populer di gunakan oleh orang tua untuk memijat bayi-bayi mereka. Hal ini dikarenakan di dalam minyak almond terkandung beberapa vitamin seperti Vitamin A, Vitamin B, asam lemak, dan juga beberapa mineral. Hal inilah yang membuat minyak almond sangat digandrungi oleh orang tua karena khasiatnya yang banyak tersebut.

Tata cara memijat bayi


APAKAH MINYAK ALMOND AMAN UNTUK BAYI


Dibalik semua manfaat yang terkandung dalam minyak almond, tentu ada sebuah pertanyaan yang membuat sebagian orang tua khawatir yaitu “Apakah minyak almond aman untuk Bayi?” Sebenarnya minyak almond ini sangat baik untuk bayi. Bahkan ada beberapa olahan minyak almond yang boleh di telan. Namun ada juga beberapa minyak alamond yang dapat membahayakan sehingga menyebabkan keracunan. Namun jika orang tua selektif, maka mereka dapat menggunakan minyak almond tersebut dengan aman untuk memijat bayinya. Sehingga, walaupun nantinya si bayi memasukan tangannya ke dalam mulut, tidak terjadi apa-apa pada dirinya.

CARA MEMIJAT BAYI DENGAN MENGGUNAKAN MINYAK ALMOND


Seperti yang telah kita bahas di atas, minyak almond memang memiliki banyak khasiat ketika di pijatkan ke bayi. Namun orang tua juga harus tahu tata cara untuk melakukan pijatan tersebut karena bayi lebih membutuhkan perawatan khusus secara tepat. Hal ini mungkin akan sedikit terasa lebih sulit jika anda baru memiliki anak pertama, namun akan berbeda jika itu bukan anak pertama.
Berikut adalah penjelasan langkah-langkah untuk melakukan pijatan terhadap bayi
  1. Langkah pertama yang harus di lakukan ialah menuangkan beberapa tetes minyak almond ke telapak tangan. Kemudian gosokkan kedua tangan anda untuk sedikit menghangatkannya. Setelah itu mulailah pijat dengan lembut dari kaki, letakkan tangan di antara paha bayi kemudian tarik dari atas ke bawah dengan lembut. Ulangi langkah tersebut kepada kedua kakinya. Anda juga dapat menggunakan cara yang sama untuk memijat lengan bayi anda.
  2. Langkah kedua kita pindah ke bagian dada. Untuk melakukan pijatan pada dada, dapat anda lakukan dengan meletakkan tangan anda di dada bayi anda dengan jari kelingking ke bawah. Kemudian gerakan tangan anda keluar tubuh mengarah ke bahu. Ulangi langkah ini sebanyak 3-4 kali. Setelah itu letakkan tangan anda dengan telapak tangan mengarah ke bawah tubuh dan pijat perlahan ke arah perut. Ulangi langkah ini sebanyak 2-4 kali.
  3. Langkah ketika kita lanjutkan kepada bagian punggung bayi. Anda harus merubah posisi tubuh bayi anda menjadi telungkup. Kemudian tempelkan telapak tangan anda tepat di bawah leher bayi anda kemudian usap secara perlahan menuju kearah pinggang. Lakukan langkah ini dengan satu arah mengikuti tulang punggung bayi.
  4. Langkah ke empat kita berpindah ke bagian telinga. Untuk memijat bagian telinga, anda  dapat melakukannya dengan cara menyapukan atau mengusapkan tangan anda ke bagian sekitar telinga hingga ke bagian luar wajah si bayi.
  5. Langkah kelima kita berpindah ke bagian kepala bayi. Pada bagian kepala anda dapat melakukan pijatan dengan cara meneteskan minyak almond ke bagian kepala lalu pijat dengan lembut seluruh kepada tersebut. Pada bagian ini anda tidak perlu terlalu menekannya.

MANFAAT MEMIJAT BAYI MENGGUNAKAN MINYAK ALMOND


Setelah mengetahui bagaimana cara melakukan pijatan, selanjutnya tentu kita harus tahu apa manfaat dari melakukan pijatan menggunakan minyak almond tersebut ke tubuh bayi. Minyak almond sendiri merupakan sumber yang mengandung Vitamin E yang sangat baik untuk kulit bayi. Berikut adalah beberapa manfaat memijat kulit bayi menggunakan minyak almond.

1) Membantu Dari Cradle Cap

Cradle cap adalah kondisi peradangan yang umum terjadi pada bayi yang di tandai dengan bercak kulit berkerak dan berminyak. Untuk mengatasi hal tersebut anda dapat menggosokkan minyak almond secara lembut ke bagian area kulit yang terkena peradangan tersebut.

2) Pelembab Kulit Yang Sangat Efektif

Minyak almond ternyata lebih mudah di serap oleh kulit sehingga mencegah terjadinya kulit kering pada bayi. Selain itu minyak almond juga dapat menjaga kulit bayi anda agar tetap lembab dan lembut dikarenakan minyak almond memiliki pelembab alami yaitu asam linoleat dan oleat di dalamnya.

3) Memiliki Efek Menenangkan Bayi

Dengan memijat kulit bayi dengan minyak almond, anda sudah membantu meningkatkan sirkulasi dara pada bayi anda. Sehingga anggota tubuh bayi yang lelah dan tegang pun menjadi lebih tenang.

4) Mencegah Masalah Kulit

Minyak almond merupakan sumber yang akan akan Vitamin A, B2, B6, D, dan E yang mana semua zat tersebut bermanfaat dalam mencegah masalah kulit seperti eksim, pegal, dan ruam.

5) Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Pijatan lembut menggunakan minyak almond ke kulit bati dapat membuat tubuh bayi menjadi rileks. Hal ini dapat membuat tidur bayi menjadi lebih nyenyak dari sebelumnya.

6) Memiliki Banyak Khasiat dan Tidak Beracun

Seperti yang sudah di jelaskan di atas tentu penyataan ini tidak perlu lagi di pertanyakan. Minyak alomond memiliki banyak khasiat dan tentunya tidak beracun dan juga bisa di makan.

7) Memberi Rambut Nutrisi

Di dalam minyak almond terdapat sumber vitamin E, patasium, asam lemak omega-3 dan magnesium yang baik dalam memelihara dan memperkuat rambut bayi. Oleh sebab itu pijatan yang di lakukan ke kulit kepala bayi dapat memberi efek yang luar biasa.

8) Mudah di gunakan dan Wangi

Minyak almond memiliki tekstur yang lembut dan ringan sehingga membuatnya mudah menyebar dan di serap kulit bayi sehingga membuat kulit bayi menjadi hangat. Selain itu minyak almond juga memiliki aroma yang wangi sehingga dapat menjadi parfum alami bagi bayi anda.

9) Baik Untuk Tulang

Kehadiran Vitamin D, kalium, dan kalsium dalam minyak almond menjadikannya sebagai sumber yang sempurna untuk memperkuat tulang dan sandi bayi.

10) Membersihkan Kulit Bayi

Menggunakan minyak almond sebagai bahan untuk memijat kulit bayi dapat menghilangkan kotoran dan sel-sel kulit mati dan menyingkirkan kelebihan minyak pada kulit.

11) Tabir Surya Alami Bayi

Minyak almond mengandung SPF 5 yang dapat melindungi kulit bayi anda dari sinar matahari yang membahayakannya.

12) Memutihkan Kulit

Pada bayi masalah kulit hitam mungkin belum banyak terjadi. Namun tidak ada salahnya memijat bayi dengan minyak almond jika anda ingin kulit menjaga kulit putih bersih bayi anda tetap terjaga.

13) Dapat Menebalakan Bulu Mata

Minyak alamon mengandung Vitamin E, D, B, dan magnesium yang dapat membuat mulu mata bayi anda menjadi lebih tebal. Oleh sebab itu menggunakan minyak almond untuk mendapatkan bulu mata bayi yang tebal bukanlah sesuatu hal yang merugikan.

14) Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Minyak almond juga bermanfaat dalam meningkatkan kekebalan tubuh bayi sehingga menghindarinya dari segala macam infeksi.

15) Menjaga Kuku

Minyak almond mengandung seng dan kalium yang dapat membuat kuku bayi anda menjadi lebih sehat dan berkilau.


HAL-HAL YANG HARUS PERHATIKAN SEBELUM ATAU SESUDAH MENGGUNAKAN MINYAK ALMOND


Setelah kita mengetahui tata cara dan manfaat minyak almond.  Selanjutnya mari kita perhatikan pencegahan yang perlu di ambil ketika menggunakan minyak almond.

  • Untuk anda yang memiliki riwayat alegi kacang, maka tidak di sarankan untuk memijat kulit bayi anda menggunakan minyak almod. Karena minyak almond sendiri terbuat dari kacang almon. Namun jika anda masih tetap ingin menggunakannya, maka anda dapat mengoleskan minyak almond setetes ke tubuh bayi dan tunggu selama 2-3 hari. Jika tidak terjadi reaksi pada bayi anda, maka hal ini dapat di katakan aman.
  • Selalu perhatikan tanggal kadaluwarsa botol sebelum menggunakan atau membeli minyak almond.
  • Jangan menggunakan minyak almond secara berlebihan apalagi jika anda tidak ada rencana untuk memandikan bayi anda. Karena minyak almond yang berlebihan dapat menyebabkan ruam pada kulit.
  • Pastikan minyak tidak masuk ke dalam mata, hidung dan telinga bayi karena hal ini dapat menyebabkan iritasi dan infeksi.
  • Pastikan anda membersihkan dan memastikan tangan anda benar-benar kering ketika hendak mengambil bayi anda. Karena tangan yang licin dapat menyebabkan kecelakaan pada bayi anda sendiri.
Minyak alamond merupakan salah satu minyak pijat bayi terbaik karena mengandung berbagai macam manfaat kesehatan. Selain itu minyak almond juga ramah kantong dan mudah di temukan. Anda dapat menemukannya di toko-toko ataupun memesannya secara online.

Baca Juga :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close