Manfaat Ampuh Minyak Kemiri Untuk Rambut, Kecantikan, dan Kesehatan Tubuh

Minyak Kemiri merupakan sebuah kacang-kacangan yang berasal dari pohon kemiri. Minyak kemiri sendiri berasal dari biji buah kemiri yang telah matang. Awalnya buah kemiri berwarna hijau namun akan berubah menjadi coklat ketika sudah matang. Butuh waktu sekitar 7 hingga 8 bulan untuk dapat memproduksi buah kemiri dari penanaman awal. Olahan biji kemiri sangat banyak digunakan, baik untuk penyedap makanan, minyak untuk urut bahkan untuk masalah kecantikan.

Manfaat minyak kemiri

Apa Itu Minyak Kemiri?

Minyak kemiri merupakan minyak yang di buat dari ekstrak biji kemiri. Proses pembuatan minyak kemiri ada dua macam yaitu dengan cara di peras dan di bakar. Konon katanya minyak kemiri bakar lebih banyak memiliki khasiat dari kemiri peras. Namun kemiri peras lebih menjaga rasa dan tidak merusak nutrisi dari kemiri itu sendiri. Keduanya sama-sama memiliki manfaat dan juga kekurangan.

Kandungan dalam Minyak Kemiri

Dalam minyak kemiri terdapat beberapa kandungan nutrisi, diantaranya :
  • Asam palmitat 5,6%
  • Asam stearat 2,3%
  • Asam oleat 79,7%
  • Asam linoleat 13,3%
  • Asam lemak essensial
  • Vitamin E
  • Kalium
  • Fosfor
  • Kalsium
  • Magnesium

Apa Manfaat Minyak Kemiri?

Pada dasarnya minyak kemiri sama dengan minyak kacang lainnya, namun minyak kemiri sedikit berada di atas minyak kacang tersebut. Minyak kemiri memiliki kandungan protein, vitamin, dan asam lemak yang mana membuatnya sangat bagus digunakan untuk kecantikan. Selain itu minyak kemiri juga bisa meredakan bibir pecah-pecah, menenangkan kulit setelah bercukur, melindungi kulit dari sinar UV, dan lain-lainnya.

Selain untuk perawatan kecantikan, minyak kemiri juga dapat membantu dalam masalah kebotakan atau kerontokkan. Minyak memiliki kandungan yang dapat menyehatkan rambut dan membuatnya lebih hitam. Sehingga membuat minyak kemiri menjadi salah satu obat untuk masalah rambut dan sudah di gunakan sejak lama oleh orang Indonesia.

Manfaat Minyak Kemiri Untuk Rambut

Minyak kemiri memiliki kandungan asam lemak, protein, dan vitamin yang dapat menyehatkan rambut dan kulit kepala. Mengoleskan minyak kemiri ke kulit kepala sambil memijatnya sangat baik dan membantu tubuh dalam menjaga rambut. Selain itu pijatan yang di lakukan di kulit kepala dapat meransang folike rambut dan juga menjaga kulit kepala dari sinar UV.

Bukan itu saja, selain dapat melindungi kepada dari sinar matahari. Minyak kemiri juga membuat rambut terlihat lembab, lembut dan hitam. Cara penggunaan minyak kemiri pun juga simpel, anda cukup mengoleskan minyak kemiri ke rambut anda beberapa jam sebelum melakukan keramas. Jika anda ingin lebih merasakan efeknya anda dapat memakai minyak kemiri sebelum anda tidur dan lakukan keramas setelah bangun.

Untuk efek yang di perlihatkan oleh minyak kemiri tidak terlalu cepat. Saya sendiri baru merasakan efek dari memakai minyak kemiri setelah selama satu bulan. Dalam satu bulan tersebut baru keliar helaian rambut baru. Selain itu minyak kemiri sendiri juga dapat menumbuhkan rambut baru, bukan hanya sekedar merawat rambut yang lama. Hal ini telah saya buktikan sendiri, namun untuk rambut saya lebih menyarankan untuk memakai minyak kemiri hitam/bakar. Karena minyak kemiri ini lebih cepat dan berefek kepada rambut di bandingkan minyak kemiri peras.

Manfaat Minyak Kemiri Untuk Kecantikan

Selain untuk rambut minyak kemiri juga memiliki manfaat dalam bidang kecantikan. Penggunaan minyak kemiri sangat mudah meresap pada kulit. Sehingga sangat tidak mengganggu ketika di gunakan. Untuk minyak kemiri peras tidak memiliki bau yang tajam seperti kemiri bakar. Selain itu warna dari minyak kemiri peras juga lebih indah yaitu berwarna kuning keemasan.

Minyak kemiri sangat bagus dalam melembabkan kulit, anda dapat menggunakan minyak kemiri sebagai minyak pijat atau bisa juga mencampurkannya dengan air mandi. Dengan rutin menggunakan minyak kemiri maka anda akan mendapatkan kulit yang kencang dan mulus. Selain itu kulit keriput dan garis-garis halus juga dapat berkurang akibat penggunaan minyak kemiri. 

Minyak kemiri tidak memiliki kandungan yang kuat sehingga baik untuk mereka yang memiliki kulit yang sensitif. Namun walaupun begitu ini tidak di anjurkan kepada mereka yang memiliki alergi terhadap karang. Jika tetap ingin menggunakannya juga, maka anda dapat mengoleskan sedikit minyak kemiri ke tubuh anda dan tunggu hingga 2-3 hari. Jika tidak memiliki efek apa-apa maka anda dapat menggunakan minyak kemiri dengan normal. Namun jika terdapat reaksi maka sangat tidak di anjurkan untuk menggunakanya.

Manfaat Lain Dari Minyak Kemiri Untuk Kesehatan

Selain dua manfaat di atas, minyak kemiri juga memiliki manfaat lain untuk kesehatan. Orang tua zaman dahulu sering memasukkan buah kemiri dalam masakan karena kemiri juga baik untuk di konsumsi. 

Di dalam minyak kemiri terdapat vitamin E-Tokoferol, protein, kalium, magnesium, mongan, fosfor, seng, dan kalsium. Sehingga ketika di konsumsi secara oral sekalipun tetap memiliki efek penyembuhan seperti kram otot dan kram akubat menstruasi. Selain itu minyak kemiri juga baik untuk persandian, kesehatan otak dan menjaga jantung.

Minyak kemiri merupakan tanaman yang memiliki buah berupa biji yang termasuk ke dalam jenis kacang-kacangan. Minyak kemiri memiliki banyak efek diantaranya dapat menumbuhkan dan merawat rambut. Selain itu minyak kemiri juga dapat membantu anda dalam masalah kecantikan dan kesehatan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close