Pengertian SEO, Cara Kerja, dan Indikatornya | Cara Mudah Masuk Page One


Cara mudah masuk page one


Seo Blog
- Balik lagi dengan kami disini, seperti judul yang telah kita lihat bersama. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mungkin secara ringkas tentang definisi atau pengertian search engine optimization atau yang biasa kita sebut dengan SEO. Tapi sebelum lanjut Kami ingin sedikit mengingatkan kepada para pembaca, agar senantiasa mengikuti terus perkembangan informasi di blog kami yang akan semakin memperluas wawasan dan pengetahuanmu. Oke, kalau begitu langsung saja simak uraian selengkapnya seputar ilmu SEO di bawah ini. 

Apa itu SEO? 

Mungkin sebagian teman blogger yang baru saja bergabung di komunitas sering mendengar istilah SEO. Lalu apa SEO itu sebenarnya? Search engine optimization atau yang biasa disebut dengan SEO adalah suatu bentuk optimasi terhadap mesin pencari yang menjadikan sebuah halaman website atau blog mampu merangkak naik hingga ke posisi halaman pertama mesin pencari, seperti Google,  Yahoo, Bing, Baidu,dan sejenisnya. 

Cara Kerja SEO

Mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing, Baidu, yandex, dan sejenisnya, memiliki algoritma khusus dalam mendeteksi sebuah konten yang dianggap layak untuk masuk ke halaman pertama mesin pencari. Lalu apa saja yang menjadi bahan pertimbangan algoritma Google untuk menjadikan sebuah konten layak untuk masuk ke halaman pertama? Simak beberapa indikator SEO di bawah ini. 


Cara mudah masuk page one

Indikator SEO

Untuk menghasilkan sebuah konten yang sesuai dengan standar SEO, setidaknya ada 7 indikator yang wajib terdapat pada sebuah konten atau halaman web. 

1. Struktur Link atau URL

Indikator pertama yaitu struktur URL dari halaman website. Penggunaan struktur url yang mengandung kata kunci akan membantu algoritma mesin pencari dalam mengenali konten atau topik yang terdapat pada halaman. Buatlah url sesederhana mungkin, misalnya: 
https://fungsi.com/komputer

2. Gunakan SSL/TLS

Sebagaimana yang pernah kita sampaikan sebelumnya, algoritma mesin pencari khususnya Google akan selalu melakukan Hakim atau pembaharuan guna meningkatkan kenyamanan serta relevansi terhadap user. Salah satu bentuk update algoritma yaitu munculnya beberapa aturan baru yang ditetapkan sebagai aturan main. Sejak tahun 2014 Google mulai melakukan beberapa perubahan, yang di mana Perubahan tersebut membawa dampak terhadap penelusuran. Sejak saat itu, website yang menggunakan SSL cenderung lebih diutamakan untuk masuk ke dalam halaman rekomendasi Google yakni page one. 

3. Buat Konten Pendukung

Setelah selesai menyusun 1 buah artikel dengan topik utama, dianjurkan untuk membuat beberapa konten pendukung yang memiliki relevansi tinggi terhadap topik utama. Beberapa konten pendukung tersebut nantinya akan membantu melengkapi topik utama, sehingga hal tersebut dapat memberi sinyal kepada algoritma bahwa konten andalah yang layak untuk masuk ke halaman pertama Google. 

4. Struktur Konten

Bukan hanya menggunakan struktur url yang ramah SEO, kita juga dituntut untuk menyusun sebuah artikel yang benar-benar solutif. Sebab, apa yang mereka butuhkan saat mencari konten adalah jawaban, maka penting bagi kita untuk menyusun konten yang benar-benar mudah dipahami serta mampu menjawab pertanyaannya. Adapun beberapa tips dalam menyusun sebuah struktur konten yang baik adalah dengan menggunakan heading dan Sub heading yang saling berkaitan. Selain itu, gunakan pula beberapa gambar pendukung untuk lebih mengilustrasi konten anda. Bila memungkinkan tambahkan pula video pendukung di dalamnya. 

5. Backlink

Setelah melakukan berbagai bentuk optimasi on page, yang tidak kalah pentingnya adalah melakukan optimasi secara Off-page, dalam hal ini yaitu backlink. Banyaknya jumlah backlink yang tertuju ke halaman website, akan memberi sinyal kepada algoritma bahwa halaman website tersebut memang layak untuk masuk ke page one Google. Namun perlu diingat, tengkleng yang membawa dampak positif hanyalah beklin dengan kualitas yang baik. 


Mungkin hanya sedikit ini yang bisa kita sampaikan mengenai definisi search engine optimization, cara kerjanya, serta beberapa indikator yang mendukung lahirnya sebuah konten atau halaman website yang ramah terhadap mesin pencari. Terima kasih atas kunjungannya, semoga membantu dan sampai jumpa. 

Related Posts

Subscribe Our Newsletter

Belum ada Komentar untuk "Pengertian SEO, Cara Kerja, dan Indikatornya | Cara Mudah Masuk Page One"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel