5 Langkah Ampuh Dalam Mengatasi Sakit Hati Bagi Wanita dan Pria

Wanita - Memaafkan seseorang karena telah menyakiti hati anda mungkin bukanlah suatu perkara yang mudah. Namun ketika dapat memaafkan orang lain tentulah menjadi obat paling ampuh dari sakit hati yang telah anda pendam lama.  Lalu bagaimanakah caranya agar dapat menghilangkan rasa sakit hati dan memaafkan orang lain?

Sumber : johnhain

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan sakit hati,  walaupun cara tersebut tidak mudah untuk dilakukan. Namun, sebelum anda memasuki langkah-langkah menghilangkan sakit hati tersebut, alangkah baiknya anda mengenal terlebih dahulu pengertian sakit hati.


Pengertian Sakit Hati

Dikutip dari kamus besar bahasa indonesia, sakit hati berasal dari kata dasar yaitu sakit. Jika dilihat dari pengertiannya, sakit hati dapat diartikan sebagai merasa tidak senang, dendam, benci dan sebagainya kepada orang lain karena dihina atau dilukai hatinya. Jadi dapat dikatakan bahwasanya sakit hati ini merupakan rasa sakit yang ada pada diri seseorang bukan pada organ hati nya. 


Namun apa penyebab seseorang dapat mengalami sakit hati? Jika dilihat dari penyebabnya banyak, ada banyak faktor yang dapat menyebabkan sakit hati terutama pada wanita.  Hal ini dikarenakan wanita memiliki hati yang lebih sensitif dibandingkan pria, oleh sebab itu wanita lebih mudah sakit hati dibandingkan pria. Berikut beberapa hal yang umum yang menyebabkan seseorang dapat mengalami sakit hati


1. Putus Cinta

Hal yang paling banyak menyebabkan seseorang mengalami sakit hati yaitu putus cinta. Hal ini banyak terjadi pada remaja yang sedang merasakan karsamaran, namun ditinggalkan tanpa sebab sehingga membuat mereka mengalami sakit hati.

 

2. Merasa Terhina Oleh Perkataan Orang Lain

Ketika seseorang yang dihina oleh orang lain karena keadaan yang dia miliki atau karena kekurangan-nya, seperti dia jelek,  pendek, gemuk atau pun kurus. Ketika dia tidak dapat menerima hina-an tersebut, maka orang tersebut pasti akan menanamkan sakit hati kepada orang yang telah menghina-nya. 


3. Merasa Tidak Berdaya

Ketika anda menginginkan suatu hal namun anda tidak memiliki kekuatan untuk meraih hal tersebut, maka akan timbul suatu depresi pada diri sendiri sehingga mendatangkan pemikiran negatif. Pemikiran negatif inilah yang nantinya akan memicu rasa sakit hati pada keadaan yang anda miliki. Sehingga akan ada kemungkinan anda berkata, kenapa saya dilahirkan dengan keadaan seperti ini atau kenapa saya dilahirkan oleh keluarga yang seperti ini. Hal itulah yang membuat diri anda akan merasa sakit hati dengan keadaan, keluarga, maupun diri anda sendiri.


5 Langkah Super Ampuh Dalam Mengatasi Sakit Hati

Dari beberapa faktor penyebab sakit hati di atas, bagaimana caranya agar anda dapat menghilangkan sakit hati tersebut? Ada banyak cara yang dapat di lakukan dalam menghilangkan sakit hati tersebut, namun disini saya hanya membuat langkah-langkah ampu-nya saja. Berikut 5 langkah super yang dapat dilakukan untuk menghilangkan sakit hati.


1. Menerima Keadaan bukan Sekedar Melupakan

Hal pertama yang harus anda lakukan untuk menghilangkan rasa sakit hati ialah dengan menerima keadaan bukan hanya sekedar melupakan atau memaksa diri anda untuk melupakan keadaan tersebut.  Mungkin banyak orang yang memaksa dirinya untuk melupakan sakit hatinya dengan men-sugesti dirinya sendiri. Walaupun hal ini memang memiliki efek, namun efek yang timbul tidak berlangsung lama karena sakit hati yang terpendam tersebut nantinya akan kembali muncul karena di picu oleh beberapa sebab. Oleh sebab itu sangat disarankan agar anda dapat menerima keadaan terlebih dahulu agar dapat menghilangkan rasa sakit hati yang anda rasakan.


2. Menangis dan Jujur Pada Diri Sendiri

Langkah kedua yang dapat dilakukan untuk menghilangkan sakit hati ialah menangis dan jujur kepada diri sendiri.  Menangis mungkin merupakan suatu hal yang mudah bagi seorang pria namun  cara paling efektif dalam menghilangkan beban diri. Walaupun anda tergolong orang yang susah untuk menjatuhkan air mata sekalipun, menangis tetap terbilang efektif. 


Melepaskan rasa sakit hati dengan menangis merupakan suatu tindakan nyata yang men-ekspresi-kan bahwa diri anda tersebut memang sedang mengalami kekecewaan yang berat. selain itu menangis juga dapat memicu reaksi positif kepada diri anda sehingga telah anda menangis anda akan merasa lebih lega dan senang dari sebelum anda menangis.


selain itu anda juga harus jujur kepada diri anda sendiri bahwasanya anda memang sedang mengalami sakit hati karena satu hal bukan mencoba untuk menghilangkan atau memendam sakit hati.


3. Membuang Pikiran Negatif dan Melakukan Hal Positif

Seperti yang anda ketahui bahwasanya sakit hati itu di timbulkan oleh perasaan negatif yang ada pada diri anda sendiri. Sehingga sangat di sarankan anda melakukan sebuah kegiatan yang dapat menghilangkan pikiran negatif tersebut dari diri anda. Hal tersebut dapat anda lakukan dengan cara membuat diri anda keluar dari zona terburuk.


Banyak orang yang mengurung dirinya ketika dia merasa sakit hati. namun cara ini bukanlah cara paling baik untuk menghilangkan rasa sakit hati.  Ketika anda mengurung diri, maka pikiran negatif akan bertambah banyak sehingga akan menimbulkan sakit hati dalam jangka yang lebih lama. Oleh sebab itu keluar dari zona terburuk anda dengan melakukan kegiatan positif seperti berolahraga, berenang, berjalan-jalan, maraton dan yang lainnya, sehingga energi-energi negatif yang ada pada diri anda tersebut akan dihadang oleh energi-energi positif dari kegiatan yang anda lakukan.


4. Menjauh dan Bercerita

Dengan tidak memikirkan atau berinteraksi dengan hal yang membuat anda sakit hati merupakan suatu hal yang dapat menghilangkan sakit hati. Memang memaksakan diri untuk melupakan bukan suatu hal yang baik. Namun menjauh yang saya katakan disini bukanlah melupakan.


Menjauh disini memiliki arti yaitu sedikit menjaga jarak dengan hal yang dapat membuat anda sakit hati tersebut. Hal ini dapat anda lakukan dengan cara bercerita atau nongkrong dengan teman dekat anda. Selain itu bercerita juga merupakan suatu hal yang sangat baik dalam meringankan beban pikiran.


5. Melakukan Kegiatan dan Bertemu Orang Baru

Dengan melakukan kegiatan baru maka anda akan bertemu dengan orang yang baru pula sehingga membuat anda menjauh dari bayangan yang telah menyakiti anda. Selain itu menyibukkan diri dengan hal baru juga membantu anda dalam melupakan sesuatu hal yang membuat anda dalam melupakan.


Lakukanlah kegiatan baru travelling atau masuk kedalam komunitas sosial sehingga membuat anda sibuk dan juga bertemu orang baru. Sehingga membuat anda dapat bercerita dan memiliki topik yang banyak untuk diceritakan. Disini sangat di sarankan anda melakukan kegiatan yang belum pernah anda lakukan sebelumnya agar kegiatan itu tidak menjadi suatu moment yang dapat mengingatkan anda pada rasa sakit hati anda.


Baca juga : Jawaban Kenapa Orang Lebih Memilih Pergi Ketika Mereka Bosan


Sumber

lektur.id/arti-sakit-hati/
https://www.huffpost.com/entry/6-helpful-ways-to-overcom_b_13180552
https://www.wikihow.com/Cope-With-a-Heartbreak


Related Posts

Subscribe Our Newsletter

Belum ada Komentar untuk "5 Langkah Ampuh Dalam Mengatasi Sakit Hati Bagi Wanita dan Pria"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel