Motivasi Diri : Jangan Menyerah Sebelum Memulai (mindset)

Dunia Ilmu - Banyak orang yang selalu berfikiran negatif kepada dirinya sendiri. Dia selalu mengatakan bahwasanya dirinya tidak bisa ataupun tidak mampu melakukan sesuatu. Dia merasa tidak akan bisa dan tak akan pernah bisa melakukan sesuatu hal tersebut.

Jangan Menyerah Sebelum  Memulai (mindset)
quote : jangan menyerah sebelum memulai

Itu bukan merupakan sikap yang baik dan harus diperhatankan. Jika anda tidak bisa menghilangkan sikap seperti itu, maka diri anda sendirilah yang tidak akan berkembang. Oleh sebab itu pada tulisan ini saya akan memberikan sedikit pandangan untuk anda. Semoga membantu!!

KENAPA SESEORANG BISA BERFIKIRAN PESIMIS

Pastinya kita betanya-tanya, kenapa seseorang bisa berfikiran pesimis?. Mungkin jawaban dari saya karena mindset yang telah tertanam sejak kecil pada dirinya. Mindset itu tertanam karena perkataan dan sikap lingkungan kepada dirinya ketika masa pertumbuhannnya. Sehingga pengalaman itulah yang membuat dirinya memiliki kepribadian seperti itu. Namun anda jangan khawatir, walaupun mindset ini sudah tertanam sejak kecil. Tidak tertutup kemungkinan untuk dapat mencabutnya dari diri kita. Itu semua bisa dilakukan jika anda memiliki kemaun untuk melakukannya.

Mindset yang saya sebut disini ialah kata yang sering kita dengar. Kata tersebut ialah "BAKAT". Pernahkan anda mendengar atau merasakannya sendiri, ketika anda hebat dalam sautu hal maka itu dibilang bakat anda. Bahkan ada dalam sebuah pendidikan seseorang di minta untuk mengetahui apa bakatnya.

Hal seperti inilah yang membuat dirinya menanamkan mindset sepeti yang saya sebutkan di atas. Akibat dari sebuah bakat yang di percayai tersebut, anda akan mulai membatasi diri anda akan sesuatu hal. Contohnya, ketika anda hebat main bola dan anda tidak bisa bermain komputer. Lalu anda melihat ada orang yang sangat hebat dan mudah memahami sesuatu yang berhubungan dengan komputer. Lalu anda berkata 'Itu sudah bakatnya, saya tidak bisa seperti itu karena saya hanya mahir main bola'.

Ketika kata itu terlontar dari mulut anda, maka dengan sendirinya tubuh anda memberikan sugesti kepada otak bahwa anda susah memahami itu. Sehingga semua anggota tubuh anda sulit untuk menerima bahkan memulai untuk memahami hal tersebut. Sehingga hal inilah yang menghambat diri anda sendiri, yang mana seharusnya anda bisa mengerti dan menambah ilmu. Namun tidak terjadi karena terbatasi oleh diri anda sendiri.

BAGAIMANA MENGHILANGKAN MINDSET YANG SUDAH ADA?

Mungkin dalam benak anda berfikir, jika benar seperti itu. Lalu bagaimana saya dapat menghilangkan mindset tersebut dari diri saya. Jawabannya ialah "MEMULAI", yaa.. benar. Anda harus memulai untuk belajar dan menanamkan bahwasanya semua hal itu dapat dipahami. Sehingga dengan perlahan anda akan mencoba sesuatu hal yang anda anggap tidak akan pernah bisa tersebut.

Setelah anda mulai mencoba sesuatu hal yang anda anggap sulit tersebut. Maka mulailah menanamkan maiset baru pada diri anda. Misalnya mindset bahwasanya "semua orang itu memiliki kemampuan yang sama, tergantung kepada cara dia menggunakannya saja". Atau anda bisa mengganti mindset tersebut dengan hal yang dapat membuat anda tidak mudah menyerah dan mau belajar melakukan sesuatu hal yang anda anggap susah tersebut.

KESIMPULANNYA

Kesimpulannya, untuk dapat menjadi lebih baik. Anda harus mulai mencoba terlebih dahulu. Jangan pernah berfikir bahwa anda tidak bisa sebelum anda mencobanya. Percayalah, setiap orang itu akan hebat dalam suatu bidang jika dia menekuni bidang tersebut. Memang ada "Bakat" dalam sebuah keahlian. Namun orang yang dikatakan memiliki bakat dan yang tidak, sama halnya dengan orang yang mulai dari level 1 dan level 10.


Mungkin orang yang level sepuluh lebih terlihat hebat pada awalanya. Namun orang yang ber-level satupun dapat menjadi level sepuluh bahkan lebih jika dia berusaha. Sehingga tidak ada kata "TIDAK MUNGKIN" jika anda mau mencobanya. Oleh sebab itu anda 'JANGAN PULANG UNTUK MENYERAH SEBELUM ANDA PERGI UNTUK MENCOBA'

0 Response to "Motivasi Diri : Jangan Menyerah Sebelum Memulai (mindset)"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel