Kandungan Gizi dan Khasiat Buah Nangka Untuk Kesehatan

Dunia Ilmu - Nangka merupakan buah-buahan yang sangat mudah di temukan di Indonesia. Buah ini sedikit mirip dengan buah Durian, namun nangka tidak memiliki kulit yang keras. Sehingga duri yang ada pada kulit buah nangka tidak tajam seperti durian. Buah nangka memiliki aroma yang wangi dan memiliki rasa yang cukup manis.

Kandungan Gizi dan Khasiat Buah Nangka Untuk Kesehatan

Selain memiliki aroma dan rasa yang enak, ternyata buah nangka juga menyimpan segudang manfaat bagi tubuh. Buah nangka memiliki banyak manfaat dalam kesehatan, mulai dari sumber gizi dan protein, hingga menjadi buah yang kaya akan vitamin. Selain itu buah nagka juga memiliki serat yang rendah kalori sehingga baik untuk mereka yang memiliki riwayat sakit jantung. Lalu apa saja manfaat buah nangka tersebut? Berikut akan saya jabarkan!

MENGENAL NANGKA YANG KAYA MANFAAT

Buah Nangka merupakan tanaman teropis yang mimiliki ukuran yang cukup besar. Berat dari buah nangka sendiri dapat mencapai hingga 35 kg dengan diameter hingga 50 cm. Sedangkan untuk panjangnya, buah nangka dapat mencapai hingga 90 cm.


Dalam bahasa inggris, buah nangka disebut dengan Jackfruit. Sedangkan nama ilmiah dari buah nangka sendiri ialah Artocarpus heterophyllus. Buah nangka pertama kali diyakini berasal dari daerah India bertepatan di wilayah Ghats pasangan barat. Namun pada saat ini buah nangka sendiri sudah banyak di budidayakan di berbagai negara yang memiliki iklim tropis.

Pada umumnya pohon nangka memiliki ukuran hingga 20-30 meter. Batangnya sendiri berbentuk bulat silindris dengan diameter sekitar 1 meter. Daunnya tunggal bertangkai dengan ukuran 1–4 agak tebal dan kaku dengan ujung runcing.

Nangka memiliki buah majemuk berbentuk gelendong dengan panjang hingga 100 cm. Pada
sisi luar buah nangka terdapat duri yang pendek dan lunak. Nangka memiliki daging buah yang  berwarna kuning keemasan dan apabila di masak akan berbau harum dan manis. Bijinya sendiri berbentuk bulat lonjong agak gepeng dengan panjang 2–4 cm. Biji dari nangka sendiri juga dapat dimakan dengan cara direbus terlebih dahulu.

KANDUNGAN GIZI BUAH NANGKA

Sama halnya dengan buah-buahan lainnya, nangka juga memiliki banyak kandungan gizi yang bermanfaat. Kandungan gizi yang terdapat pada nangka diantaranya yaitu

  • Kalori
  • Vitamin B5 (Panthothenic acid)
  • Karbohidrat
  • Vitamin B6 ( Pyridoxine)
  • Air
  • Vitamin B9 (Folat)
  • Protein
  • Vitamin A
  • Gula
  • Serat
  • Vitamin C
  • Lemak
  • Vitamin B3 (Niacin)
  • Kalsium
  • Vitamin D
  • Zat besi
  • Vitamin B1 (Thiamine)
  • Vitamin B2 (Riboflavin)
  • Magnesium
  • Fosfor
  • Potassium (Kalium)
  • Sodium
  • Seng (Zinc)
  • Vitamin E


MANFAAT BUAH NANGKA UNTUK KESEHATAN

Selain enak dimakan dan memiliki banyak kandungan gizi, buah nangka juga memiliki banyak manfaat. Manfaat nangka tersebut dapat bernilai positif bagi tubuh dan kesehatannya. Lalu apa saja manfaat buah nangka? Berikut saya rangkum

1. Melancarkan Sistem Pencernaan dan Mengatasi Sembelit

Tingginya kandung serat dari buah nangka menjadikannya sebagai buah yang sangat baik digunakan untuk merangsang proses pencernaan serta mengurangi gejala sembelit dan perut kembung. Kandungan serat yang terdapat pada nangka tersebut dapat menginduksi gerakan Peristaltik dan
membentuk feses sehingga meningkatkan efesiensi penyerapan nutrisi oleh usus.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandugan vitamin C dan berbagai antioksidan yang terdapat pada buah nangka membuatnya menjadi buah yang sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Didalam tubuh vitamin C berperan sebagai perangsang produksi sel darah putih sedangkan antioksidan berperan sebagai penangkal radikal bebas. Sehingga dengan mengkonsumsi buah nangka kita dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.


3. Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Penyakit Kardiovaskular merupakan penyakit yang erat kaitannya dengan Jantung dan Pembuluh Darah. Kandungan serat yang terdapat dalam buah nangka dapat membantu tubuh dalam mengendalikan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu serat tersebut juga berperan sebagai pencegah terjadinya pengendapan plak di arteri dan pembuluh darah. Bukan hanya itu saja, kandungan Antioksidan dan vitamin C yang terdapat dalam buah nangka juga dapat membantu tubuh dalam memperbaiki sistem Kardiovaskular.

4. Mengendalikan Diabetes

Buah Nangka mengandung Serat dan Gula alami yang dapat mengatur pelepasan glukosa dan insulin dalam tubuh dan meningkatkan sensitivitas insulin. Bagi anda yang memiliki penyakit diabetes, mengkonsumsi nangka merupakan salah satu cara terbaik untuk mengendalikan
kadar gula darah dan menurunkan risiko diabetes.

5. Meningkatkan Kesehatan pada Sistem Pernapasan

Pada buah nangka terdapat sejumlah senyawa alami yang dapat mengurangi respons alergi dari tubuh. Selain itu buah nangka juga dapat mencegah mengi dan gejala-gejala kesulitan pada pernapasan. Sehingga buah nangka diyakini memiliki kemampuan untuk menyembuhkan kondisi
pernapasan dan bahkan dapat meringankan gejala asma.

6. Mengendalikan Tekanan Darah

Pada buah nangka terdapat kandugan Potassium atau Kalium yang tinggi, yaitu sekitar 448mg dalam setiap 100g atau sekitar 10% dari asupan harian yang disarankan. Kalium dalam tubuh berperan sebagai Vasodilator yang dapat mengendurkan pembuluh darah dan arteri. Sehingga dengan mengkonsumsi buah nangka anda dapat mengendalikan tekanan darah dan menurunkan risiko terkena penyakit stroke dan serangan jantung.

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Didalam buah nangka juga terkandung Antioksidan sehat seperti zeaxanthin dan beta-karoten. Buah nangka ini dapat dijadikan sebagai makanan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit karena dapat meminimalkan efek radikal bebas dan stres oksidatif yang menjadi penyebab timbulnya noda dan kerutan pada kulit.

8. Meningkatkan Metobolisme Tubuh

Vitamin B merupakan komponen penting dari sebuah metobolisme di seluruh tubuh. Buah nangka mengandung banyak sekali vitamin B, mulai dari B1, B2, B3, B6, hingga B9. Oleh sebab itu buah nangka menjadi solusi yang tepat untuk meningkatkan energi metabolisme dan juga dapat membantu dalam menurunkan berat badan.

9. Melindungi Tubuh dari Kanker

Radikal bebas yang menumpuk di dalam tubuh dapat memicu timbulnya kanker. Vitamin C dan antioksidan yang terdapat dalam buah nangka dapat meningkatkan kehidupan sel-sel sehat dalam tubuh. Sehingga membantu tubuh dalam mewalan radikal bebas dan terhindar dari kanker.

10. Menjaga Kesehatan Tulang

Dalam buah nangka juga terkandung kalsium yang bisa memperkuat dan meningkatkan kesehatan
tulang. Dengan rajin makan buah nangka anda dapat mengurangi risiko osteoporosis. Selain itu kandungan kalium yang terdapat dalam buah nangka juga bisa mengurangi hilangnya kalsium melalui ginjal.

11. Mencegah Terjadinya Anemia

Buah nangka memiliki manfaat untuk mengatasi kekurangan sel darah yang mengandung hemoglobin untuk menyebarkan oksigen ke seluruh organ tubuh. Jika tubuh anda kekurangan darah merah, maka anda akan merasa lemas dan letih yang membuat anda malas melakukan banyak aktivitas. Oleh sebab itu dengan mengkonsumsi buah nangka anda dapat membantu memenuhi kebutuhan darah merah.

12. Menjaga Kesehatan Mata

Buah nangka mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan mata seperti beta-karoten, vitamin A, Lutein dan Zeaxanthin. Kandungan-kdanungan tersebut sangat berguna dalam mengurangi resiko glaukoma, degenerasi makula dan katarak.


13. Memelihara Sistem Pernapasan

Senyawa-senyawa alami yang terdapat pada buah nangka juga dipercayai mampu meredakan gejala asma. Oleh sebab itu tidak ada salahnya anda mengkonsumsi buah nangka karena memang memiliki banyak manfaat.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter

0 Response to "Kandungan Gizi dan Khasiat Buah Nangka Untuk Kesehatan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel