Inspirasi Kehidupan : Penyebab Selingkuh dan Solusinya

Dunia Ilmu - Apa yang terbanyang olehmu ketika mendengar kata Selingkuh? Apakah orang yang tidak setia? Ataukah orang yang mempermainkan perasaan orang lain? atau mungkin yang lainnya. Seperti yang kita ketahui, selingkuh merupakan kasus yang banyak terjadi dan merupakan salah satu faktor yang menyebabkan perceraian paling banyak. Jika selingkuh merupakan salah satu penyebab terbanyak dalam menghasilkan perceraian, lalu bagaiman cara mengatasinya? Berikut saya akan mencoba menjelaskan apa penyebab selingkuh dan bagaimana solusi mengatasinya.

Penyebab Selingkuh dan Solusinya


Apa itu Selingkuh?

Apa itu selingkuh? Mungkin banyak defenisi dan pandangan tentang arti kata selingkuh. Bahkan setiap individu pun akan memaknai selingkuh itu dengan beda-beda arti. Lalu apa itu selingkuh? Selingkuh itu ialah suatu tindakan yang terjadi dalam sebuah hubungan yang mana salah seorang atau keduannya mengingkari janji untuk menjalani hubungan ekslusif bersama pasangannya. Mengingkari janji disini berarti mereka melakukan hubungan dengan orang lain selain pasangannya tadi.

Namun apakah chetingan, keluar sama orang, dan bahkan melihat film biru bisa dikatakan selingkuh? Seperti yang saya sebutkan tadi bahwasanya setiap orang berbeda-beda dalam mendefenisikan arti kata selingkuh itu sendiri. Oleh sebab itu pembahasan ini difokuskan pada defenisi kata selingkuh di atas yaitu hubungan yang lebih intim.

Apa Penyebab Seseorang Bisa Selingkuh?

Ada beberapa alasan yang menyebabkan seseorang itu selingkuh dan alasan ini dapat berbeda pada setiap individunya. Lalu apa saja penyebab seseorang itu bisa selingkuh? berikut jabarannya

1. Tidak Terpenuhinya Kebutuhan Seksual dan Emosional

Pada dasarnya kedua kebutuhan tersebut dimiliki oleh setiap manusia. Sehingga kedua kebutuhan itu menjadi naluri alami bagi setiap orang. Hal inilah yang menjadi pendorang seseorang dari dalam untuk melakukan perselingkuhan.


Pada dasarnya seseorang yang merasa tidak puas dengan pasangannya baik secara emosional maupun material. Maka dia akan cenderung mencari orang lain untuk dapat memenuhinya. Hal ini terjadi karena sifat alami manusia yang mana saling membutuhkan. Karena sifat inilah secara tidak sengaja seseorang menemukan sesuatu yang dibutuhkannya selain dari pasangannya sehingga terjadilah perselingkuhan.

2. Menuruti Ego

Ada sebagian orang selingkuh hanya untuk menuruti keegoisannya saja. Biasanya hal ini dilakukan untuk mencoba atau mencari tahu apakah dirinya masih laku atau tidak. Hal ini biasannya di dorong oleh banyak faktor pendukung. Contohnya saja ketika salah seorang dalam sebuah hubungan tidak merasa dihiraukan atau dibutuhkan oleh pasangannya. Pada saat itulah tertanam dalam fikirannya untuk membuktikan bahwasannya dia masih bisa mencari orang lain. Oleh karena itu terjadilah yang namannya perselingkuhan.

3. Selingkuh untuk Seru-seruan

Memang hal ini dapat terjadi dalam sebuah hubungan. Ada sebagian orang yang merasa selingkuh itu asik dan menyenangkan. Hal ini disebabkan karena dia dapat berinteraksi dengan orang lain sehingga kehidupannya tidak terbatas pada satu orang saja.

Orang lain juga ada beranggapan bahwasanya selingkuh itu dapat memicu adrenalin. Sehingga mereka yang suka tantangan merasa selingkuh merupakan salah satu tantangan yang menyenangkan. Sembunyi-sembunyi dari pasangan itu merupakan hal yang menyenangkan baginya. Oleh sebab itulah meraka melakukan perselingkuhan.

Faktor perselingkuhan yang satu ini dapat terjadi karena sifat alami manusia itu sendiri. Sifat apakah itu? yaitu sifat rasa penasaran akan sesuatu hal. Kamu pasti pernah melihat atau melakukan sesuatu yang dilarang oleh orang tuamu. Hal tersebut kamu lakukan karena ada larangan itu sendiri bukan? Karena kamu penasaran kenapa hal tersebut dilarang. Begitu pula dalam sebuah hubungan. Karena dalam sebuah hubungan sekingkuh itu dilarang, maka timbulah secara tidak sadar dalam diri mereka untuk mencoba hal tersebut. Sehingga mereka menikmati hal yang dilakukannya walaupun hal tersebut buruk.

4. Balas Dendam

Penyebab perselingkuhan yang paling banyak terjadi biasanya dikarenakan balas dendam. Menurut sebagian orang cara terbaik untuk menuntaskan rasa sakit hatinya ialah membalaskan rasa sakit hati itu. Namun yang banyak terjadi disini mereka melakukan balas dendam itu kepada seseorang yang baru dalam hidupnya. Sehingga siklus perselingkuhannya tidak berhenti dan terus terjadi.

Solusi Dalam Mengatasi Perselingkuhan

Solusi yang dapat anda lakukan dalam mengatasi perselingkuhan ini ada berbagai cara, namun disini saya akan membahas beberapa cara menurut pendapat saya:

1. Membuat Komitmen Hubungan

Hal pertama yang harus anda lakukan sebelum jauh kedalam sebuah hubungan ialah membicarakan hubungan anda terlebih dahulu. Jika anda merupakan orang yang tidak bisa dan terbiasa berhubungan dengan orang banyak. Maka anda harus membuat komitmen hal seperti apa yang patut dan tidak patut untuk dilakukan. Selain itu anda juga harus bisa memaklumi komimen yang telah di buat jika masih dalam tinggkat yang di sepakati.

Selain itu anda juga harus sering berbicara dan kompromi dengan pasangan tentang apa yang disukai dan apa yang tidak disukai. Sehingga hubungan anda menjadi lebih dekat dan hal yang dinamakan perselingkuhan pun dapat di jauhi.

2. Besikap Jujur dan Tidak Lari dari Masalah

Bersikap jujur merupakan suatu komitmen diri yang harus anda jaga jika anda menjalani sebuah hubungan. Kenapa? karena kejujuran merupakan sebuah kunci dari sebuah hubungan. Selalu katakan sesuatu hal yang anda lakukan jika itu ditanya oleh pasangan anda secara jujur. Karena jika anda pernah berbohong dan kebohangan anda tersebut diketahui oleh pasangan anda. Maka kemungkinan kejujuran anda yang lainnya akan dipertanyakan oleh pasangan anda


Selain itu anda juga tidak boleh lari dari masalah. Biasakan untuk menceritakan sesuatu hal kepada pasangan anda, walaupun itu salah dan melanggar komitmen. Hal ini dapat dilakukan untuk mengurangi rasa curiga kepada pasangan anda. Karena semakin anda lari dari sebuauh masalah, maka anda akan lebih banyak menumpuk suatu masalah. Sehingga masalah itu akan semakin besar dan akan semakin menyakitkan jika diketahui.

3. Membatasi Diri Sendiri

Faktor yang ini merupakan faktor penentu dalam sebuah hubungan. Anda harus bisa membatasi diri anda apabila anda ingin memiliki hubungan yang baik. Membatasi diri maksudnya disini ialah, anda harus menjauhi dan menghindari seseorang yang anda sendiri memiliki rasa kepadanya. Hal ini harus dilakukan agar rasa yang ada tersebut tidak semakin membesar.

Atau cara lainnya ialah anda dapat menceritakan hal tersebut kepada pasangan anda dan mengenalkannya kepada istri anda. Hal ini harus anda lakukan karena secara alami seseorang akan menumbuhkan rasa apabila dia terus bersama. Oleh sebab itu anda harus menceritakan dan mengenalkannya kepada pasangan anda sehingga anda memiliki alasan untuk menghindarinya.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter

0 Response to "Inspirasi Kehidupan : Penyebab Selingkuh dan Solusinya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel