Motivasi Sukses : Belajar Tidak Menyerah Dengan PION Kecil

Dunia Ilmu - Pernahkah kamu merasa tak berguna? Tak bisa menjadi apa-apa? Merasa kecil dan lemah dari semuanya. Lalu menyerah akan itu semua dan tidak mau melakukan apa-apa lagi. Pernahkah kamu dipermalukan kerena kamu itu tidak bisa apapun? Dibilang tidak berbakat dimanapun dan tidak bisa menjadi apapun?

Belajar Tidak Menyerah Dengan PION Kecil
Gambar: pion catur

Namun kamu tidak perlu memikirkan itu semua, karena apa? Karena semua orang itu pasti memiliki kekurangan dan setiap orang pasti memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh orang lain. Masalahnya disini adalah bukan kamu tidak bisa melakukan apapun atau tidak bisa berbuat apa-apa. Namun yang menjadi masalah disini ialah kamu yang menyerah setelah belum melakukan apa-apa. Kamu menyerah dengan apa yang di katakan oleh orang lain kepada dirimu.

Belajaralah Mengenali Diri Sendiri

Sebelum kamu menyerah dengan dirimu dan meneri apa yang di katakan oleh orang lain. Cobalah untuk mengenali dirimu sendiri terlebih dahulu. Apa kamu sudah mengetahui apa kelebihan dan kekurang yang ada pada dirimu? Jika belum kenapa kamu sudah menyerah dan menerima apa yang orang lain katakan akan dirimu.


Ingatlah semua orang itu di ciptakan dengan kelebihan dan kekurangan mereka sendiri. Banyak orang bisa melakukan sesuatu, namun tidak semua hal mereka bisa lakukan. Contohnya saja orang yang master di bidang marketing, belum tentu pula dia master di bidang mesin. Semua orang memiliki kehebatannya sendiri. Memang ada orang yang memiliki banyak skill dan profesional dalam banyak bidang. Namun semua skill mereka itu tidak mereka dapatkan dari bakat yang mereka bawa sejak lahir. Mereka bisa melakukan itu semua karena mereka juga melakukan usaha yang besar.

Jadi jangan pernah kamu menilai seseorang dari hasil yang telah mereka dapatkan. Namun cobalah kamu berfikir dari usaha yang telah mereka lakukan untuk dapat menjadi orang yang hebat seperti itu. Maka dari itu kamu akan tahu bahwasannya kamu juga bisa melakukan sesuatu hal seperti yang orang lain bisa.

Belajar Dari Kehidupan Seorang Pion

Apakah kamu tau bidak catur yang dinamakan Pion? ya benar. Dia adalah seorang bidak yang berada di garis depan yang memiliki langkah yang paling kecil. Bidak ini bahkan tidak memiliki daya untuk menyerang bidak lain yang jauh darinya. Pion hanya bisa menyerang bidak yang berada tepat di depannya. Selain itu pion juga menjadi sasaran empuk bidak catur lainnya. Dia tidak bisa meloncat seperti bidak kuda ataupun bergerak bebas seperti bidak ratu. Banyak kekurang yang dimiliki oleh bidak pion jika dibandingkan dengan bidak lainnya.


Jika dia melihat sekelilingnya, mungkin dia akan merasa sebagai bidak yang paling tidak berguna. Karena dia selalu melihat semua bidak melaluinya dengan bebas begitu saja. Namun apakah pion menyerah begitu saja? jawabanya tidak. Walaupun hanya bisa melangkah satu kotak satu kota. Pion tidak pernah mundur, dia selalu berusaha menuju ketempat yang ingin ditujunya. Ya benar! pion selalu berusaha menggapai tujuannya.

Kamu tahu apa yang terjadi jika pion berada di garis paling depan? dia akan berubah menjadi apa yang dia mau. Menjadi benteng, kuda, bahkan ratu sekalipun dia bisa.

Pesan Moral Dari Seorang Bidak Catur "PION"

Apa pesan moral yang dapat kita ambil disini? Pesan moral yang dapat kita ambil ialah, semua yang mau berusaha pasti akan mendapatkan hasil yang memuaskan. Usaha yang saya sebut disini ialah usaha yang dilakukan dengan sekuat tenaga. Lanyaknya seorang pion yang tidak mau mundur walaupun dia hanya bisa melangkan satu per satu.

Ketahuilah semua orang memiliki kelebiahan dalam hidupnnya, namun juga memiliki kekurangan. Mungkin seorang pion memiliki kekurangan dari langkah yang dia miliki namun dia bisa berubah menjadi apa saja ketika mencapai kotak terakhir. Sebaliknya semua pion lain memiliki kelebihan untuk bergerak lebih bebas, Namun dia tidak bisa berubah walaupun mencapai garis akhir.

Apa pelajarannya, pelajarnya yaitu seseorang yang terlahir dengan bakat yang hebat cenderung meremehkan segala hal. Sehingga mereka tidak dapat dan sulit bekermbang lagi. Namun sebaliknya seorang yang merasa memiliki banyak kekurangan akan berusaha dengan keras sehingga mereka mendapatkan apa yang meraka inginkan.


Begitu pula dengan anda, jangan ada merasa tidak bisa apa-apa dan menerima apa yang dikatakan oleh orang lain terhadapat diri anda. Jika anda mau berusaha sedikit lebih keras dari mereka maka anda akan bisa bahkan melebihi mereka yang mehina anda. Ingatlah! jangat pernah menyerah, karena orang yang hebat terlahir dari semangat yang kuat. JADIKANLAH LUKAMU SEBAGAI TINTA PENULIS LUKAMUA!

Related Posts

Subscribe Our Newsletter

0 Response to "Motivasi Sukses : Belajar Tidak Menyerah Dengan PION Kecil"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel