Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan dan Kecantikan

Dunia Ilmu - Bunga telang merupakan tanaman hias yang tumbuh dengan cara merambat dan dapat kita jumpai di hutan maupun perkarangan. Tanaman ini memiliki bunga berwarna biru terang, putih, pink, dan ungu dan biasa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan seperti sebagai pewarna makanan, pewarna kue ataupun sebagai bahan dasar pembuatan minuman.

Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan dan Kecantikan

Tanaman bunga telang memiliki beberapa efek yang menakjubkan untuk kesehatan, oleh sebab itulah tanaman ini biasa digunakan untuk campuran makanan. Selain bermanfaat untuk kesehatan ternyata bunga telang juga dapat bermanfaat untuk kecantikan. Lalu apa saja manfaat bunga telang bagi kesehatn dan kecantikan. Berikut pembahasannya:

Karakteristik Tanaman Kembang Telang

Bunga telang memiliki nama ilmiah Clitoria Ternatea. Tanaman ini termasuk dalam suku polong-polongan dan berasal dari daerah Asia. Walaupun demikian, tanaman ini juga dapat ditemui diberbagai daerah yang memiliki iklim tropis. Tanaman bunga telang memiliki ciri-ciri yang menjadi pembeda tanaman ini dengan tanaman lainnya. Berikut adalah ciri-ciri umum dari bunga telang diantaranya :

  1. Memiliki batang yang merambat. Batang bunga telang muda biasanya berwarna hijau, sedangkan ketika sudah tua warnanya berubah menjadi putih kusam.
  2. Pangkal batang tanaman bunga telang berkayu dan memiliki panjang hingga mencapai 5 meter
  3. Bunga telang memiliki daun majemuk dan menyirip dengan bentuk oval atau elips. Jumlah daunnya ganjil, yaitu 3 sampai 9 lembar berwarna hijau dengan pangkal anak daun yang runcing.
  4. Bunga telang memiliki warna kelopak yang beragam, mulai dari warna biru cemerlang, putih, pink, hingga warna ungu.
  5. Bunga telang menghasilkan polong yang yang berbentuk pipih dan berwarna hijau saat masih muda. Kemudian berubah warna menjadi kecoklatan saat telah matang. Dalam satu polong bunga telang biasanya terdapat 5 -10 butir biji polong.


Kandungan yang Terdapat pada Bunga Telang

Bunga telang memiliki banyak kandungan dan senyawa kimia yang bermanfaat bagi tubuh. Oleh sebab itulah bunga telang bisa digunakan sebagai obat. Berikut adalah beberapa kandungan yang terdapat pada tanaman bunga telang.

  • fenol
  • delphirridin 3,3’,5’
  • triglucoside
  • alkaloid
  • flavonoid
  • saponin
  • sulfur
  • ca-oksalat
  • kaemferol 3-glukoside, triterperroide


Manfaat Bunga Telang Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Bunga telang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan maupun kecantikan, berikut adalah beberapa manfaat bunga telang untuk kesehatan dan kecantikan.

1. Mengatasi Gangguan Penglihatan

Manfaat bunga telang yang pertaman dan telah banyak diketahui dan digunakan oleh masyarakat ialah sebagai obat untuk mengatasi gangguan penglihatan. Gangguan penglihatan disi dapat berupa mata merah, mata gatal, atau gangguan mata lainnya. Bunga telang ini dipercaya mampu membantu membuat penglihatan penglihatan lebih cerah sehingga dengan menggunakan bunga telang gangguan penglihatan anda dapat diminimalisir.

Cara penggunaan bunga telang untuk mengatasi gangguan mata cukup mudah. Anda hanya perlu merendam beberapa kuntum bunga telang tersebut kedalam segelas air. Setelah itu tunggu hingga air rendaman bunga telang tersebut berubah warna menjadi biru. Setelah itu gunakan Air rendaman tersebut sebagai pencuci mata yang sakit.

2. Mengobati Bisul (Abses)

Manfaat kedua dari bunag telang ialah dapat mengobati bisul. Cara menggunakan bunag telang sebagai obat bisul cukup mudah. Anda hanya perlu menumbuk bunga telang biru dengan gula jawa. Setelah itu gunakan hasil tembukan dengan cara menempelkan pada area tubuh yang terkena bisul. Lakukan cara ini hingga bisul benar-benar kempes dan sembuh.

3. Mengobati Infeksi Tenggorokan

Manfaat selanjutnya dari bunga telang ialah dapat mengobati infeksi tenggorokan. Infeksi tenggorokan ini umumnya terjadi pada mereka yang suka merokok. Oleh sebab itu bagi mereka yang merokok sangat dianjurkan melakukan hal ini. Cara penggunaan bunga telang untuk mengobati infeksi ialah dengan menjadikannya sebagai obat kumur. Anda hanya perlu merebus akar bunga telang dan kemudian jadikan air rebusan tersebut untuk berkumu.

4. Dapat Menetralkan Sistem Pencernaan (Detoksifikasi)

Teh herbal yang terbuat dari bunga telang dipercayai dapat menghilangkan racun-racun yang terdapat dalam sistem pencernaan. Untuk melakukannya anda hanya perlu mengkonsumsi bunga telang sebagai teh herbal.

Cara menggunakan bunga telang sebagai obat gangguan pencernaan terbilang cukup mudah. Anda hanya  perlu menyeduh 2 sampai 3 kuntum bunga telang dengan air panas selama kurang lebih 10 menit. Jika sudah selesai dinginkanlah air rebusan tersebut dan ramuan sudah bisa diminum. Jika anda tidak suka dengan rasanya, anda dapet menambahkan madu atau perasan lemon.

5. Untuk Mengobati Batuk

Selain bungannya ternyata akar bunga Telang juga dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan gangguan batuk. Selain itu, rempah-rempah yang berasal dari bubuk akar telang ternyata juga dapat digunakan untuk menyembuhkan gangguan asma musim dingin.

6. Mencegah Penuaan Dini Bunga

Berdasarkan studi yang dipublikasikan oleh National Center for Biotechnology Information menyatakan bahwa bunga telang kaya akan antioksidan alami. Anti oksidan ini dapat bermanfaat dalam memerangi radikal bebas dalam tubuh sehingga kulit Anda jadi tidak gampang keriput dan rusak akibat paparan sinar ultraviolet, polusi, ataupun nikotin.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, anda hanya perlu mencampurkan air untuk menanak nasi dengan air rebusan bunga telang. Setelah itu masak nasi dengan cara biasa, setelah itu anda dapat menikmati nasi biru yang dapat membuat awet muda.

7. Menguatkan Rambut dan Mengatasi Kerontokan

Manfaat bunga telang selanjutnya ialah dapat menguatkan rambut dan mengatasi kerontokan. Bagi anda yang merasa Kesal karena rambut sering rontok, maka anda perlu mengkonsumsi bunga telang ini. Bunga telang mempunyai kandungan antosianin yang bermanfaat untuk mengatasi masalah rambut seperti rontok atau uban prematur. Selain itu antosianin juga dapat melancarkan sirkulasi darah di kulit kepala, menutrisi dan memperkuat folikel rambut, sehingga rambut tubuh lebih cepat dan lebih kuat

Oleh sebab itu, bagi anda yang memiliki gangguan rambut alangkah baiknya anda mengkonsumsi air bunga telang ini untuk mengtasinya. Selain alami obat yang berasal dari air bunga telang ini juga tidak memiliki efek samping yang berbahaya.

8. Menurunkan Depresi

Manfaat selanjutnya dari bunga telang ialah dapat mengatasi depresi. Hal tersebut dapat terjadi karena bunga telang memiliki bersifat anti kecemasan (ansiolitik). Bila anda rajin dikonsumsi ramuan bungan telang secara rutin dalam dosis yang tepat. Maka kadar stress yang kecenderungan membuat depresi yang ada pada diri anda akan perlahan menurun.

9. Meningkatkan Fungsi Otak

Akar bunga telang dipercayai memiliki kemampuan untuk meningkatkan kualitas memori seseorang, sehingga sering digunakan dalam pengobatan berbagai macam penyakit yang berhubungan dengan otak. Selain itu bunga telang juga memiliki positif pada sistem saraf manusia sehingga membantu dalam memperkuat saraf dalam dan meningkatkan fungsi otak.

10. Dapat Mencuci Darah

Darah yang kotor merupakan  pemicu awal timbulnya berbagai gangguan penyakit kulit seperti bisul dan yang lainnya. Untuk mengatasi hal tersebut, anda dapat memanfaatkan akar bunga telang putih. Cara penggunaannya cukup dengan merebus akar bunga telang tersebut dan diminum secara rutin. Hal tersebut dipercayai dapat membersihkan darah agar terhindar dari penyakit.

11. Dapat Mengobati Sakit Telinga

Ternya kita dapat memanfaatkan bunga telang untuk dapat mengatasi gangguan yang terjadi pada bagian telinga. Cara penggunaannya pun cukup muda, anda hanya perlu mengoleskan air perasan yang terbuat dari beberapa helai daun telang yang dicampurkan dengan sedikit garam pada bagian telinga yang sakit saja. Anda dapatg melakukan hal tersebut secara teratur hingga rasa nyeri yang terdapat pada telinga hilang.

12. Mengatasi Masalah Kewanitaan

Manfaat bunga telang yang selanjutnya ialah dapat mengatasi permasalahan kewanitaan. Permasalahan kewanitaan disini yaitu berupa gangguan haid, keputihan, dan mesalah gairah seksual. Untuk menggunakan bunga telang dalam mengatasi permasalahan kewanitaan, anda hanya perlu mengkonsumsi air rebusannya akat tanaman telang saja.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter

0 Response to "Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan dan Kecantikan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel