Cara dan Tips Menjaga Bentuk Tubuh Tetap Ideal dan Sehat

Dunial Iimu - Bagi orang yang berusaha menurunkan berat badan supaya edial dan berhasil melakukannya merupakan pencapaian yang menyenangkan. Apalagi usaha tersebut dilakukan dengan cara yang cukup susah seperti diet. Rasa puas yang diraskan ketika sudah menahan diri dari godaan makanan manis atau camilan terbayar dengan mendapat tubuh ideal merupakan suatu imbalan yang sebanding.

cara dan tips menjaga bentuk tubuh tetap ideal dan sehat

Namun tanpa disadari, setelah ,mendapatkan hasil tersebut. Banyak yang justru merasa aman untuk menghentikan progam diet mereka. Sehingga mereka kembali melakukan kebiasaan lama yaitu makan tanpa ada kontrol dan pola- pola yang telah diterapakan sebelumnya. Sehingga tidak heran jika banyak dari mereka yang mengalami penaikan berat badan kembali setelah mendapatkan tubuh ideal yang mereka capai. Sehingga banyak orang yang bilang bahwa menjaga berat badan ideal lebih sulit daripada menurunkannya. Namun apakah memang sesulit itu? Apakah ada cara yang dapat dilakukan untuk menjaga tubuh agar tetap berada pada keadaan idelanya? Berikut penjelasan yang akan saya bahas berdasarkan semua sumber yang telah saya kumpulkan.

CARA UNTUK MENJAGA BERAT BADAN AGAR TETAP IDEAL

Cara pengelolaan berat badan atau menjaga berat badan sangatlah berbeda dengan cara menurunkan atau menaikan berat badan. Metode yang diterapkan untuk menjaga berat badan agar tetap ideal terbilang cukup mudah namun sering kali disepelakan sehingga membuat berat badan kembali naik. Berikut adalah beberapa tips yang dapat anda terapkan untuk menjaga berat badan anda agar tetap ideal setelah melakukan proses diet atau penurun berat badan.

Mengontrol Pola Pikir

Cara pertama yang dapat anda terapkan agar tubuh anda tetap berada pada berat yang anda inginkan ialah mengatur pola pikir anda. Memperhatikan berat badan anda merupakan cara yang paling baik untuk mengetahui seperti apa gaya hidup anda saat ini. Kesalahan yang sering terjadi ketika seseorang merasa berat badan mereka sudah ideal ialah tidak memperhatikan perkembangan berat badan mereka secara berkala. Sehingga berat badan mereka kembali naik dengan perlahan tanpa sepengetahuan mereka.

Walaupun demikian anda juga tidak harus memusingkan segalah hal yang terjadi. Seperti yang diketahui bahwa naik turun 0,5 – 1,5 kg dalam seminggu itu merupakan sesuatu yang normal. Oleh sebab itu, Jangan terobsesi menimbang berat badan anda setiap hari karena pola pikir seperti itu akan menjadi kontraproduktif

Selain itu anda juga disarankan agar menimbang berat badan anda pada waktu yang sama. Hal ini di sebabkan karena berat badan siang dan malam akan berbeda, sehingga jika anda menimbang di waktu yang berbeda pada hari berikutnya. Kemungkinan anda bisa mendapatkan berat badan yang berbeda pula.

Hindari Stres dan Kurang Tidur

Cara kedua yang harus anda terapkan agar berat badan anda tetap ideal ialah menjaga tingkat stres dan pola tidur anda. Tubuh akan berfungsi prima apabila mendapatkan istirahat yang cukup. Selain itu tingkat stres seseorang akan meningkat apabila mereka mengalami kelelahan dan pada kondisi inilah diri anda akan mulai kehilangan kendali dan akan mulai makan dengan pola yang tidak teratur. Oleh sebab itu mulailah mengatur jam tidur Anda dan terapkan teknik relaksasi pada tubuh anda.

Mulailah Membuat Rencana Hidup Sehat

Hal berikutnya yang harus anda lakukan jika ingin menjaga berat tubuh anda tetap ideal ialah mulai merencanakan pola hidup sehat. Anda harus membuat rencana jangka pendek dan jangka panjang tentang makanan sehat, camilan yang akan dimakan, jadwal olahraga, dan hal lainnya yang anda rasa perlu. Anda juga dapat membuat strategi dalam menjaga berat badan anda dengan cara mengkombinasikan antara makanan favorit anda dengan makanan sehat. Sehingga dengan cara ini anda tidak perlu lagi menahan atau menekan nafsu makan anda seperti ketika anda ingin menurunkan berat badan.

Kurangi Bermalasan dan Tetap Bergerak

Tanpa disadari, ketika anda mulai bermalasan atau kurang bergerak. Maka dengan sendirinya kalori yang masuk dalam tubuh anda akan kurang di gunakan sehingga secara perlahan bertambah. Oleh sebab itulah pentingnya tubuh bergerak atau melakukan aktivitas ketika ingin menjaganya pada posisi yang diinginkan. Menurut Dr. Jacinda Nicklas, seorang dokter sekaligus peneliti di University of Colorado Denver School of Medicine. Mengatakan mengapa olahraga berpengaruh dalam menjaga berat badan? Alasannya ialah agar metabolisme tidak melambat dan tubuh terhindar dari penaikan berat badan.

Lakukan Pola Makan yang Benar

Mengelola kalori yang masuk ke dalam tubuh bukanlah dengan cara membuat tubuh merasa lapar atau tidak makan. Jika Anda merupakan orang yang memang hobi makan, maka tetaplah makan. Namun ada harus memilih makanan yang anda makan tersebut. Usahan selalu memakan makanan yang sehat dan rendah kalori. Jika anda tergoda dengan makanan favorit anda, maka anda tetap dapat memakannya. Namun dengan jangka wantu dan porsi yang sesuai dan tidak berkelanjutan.

Makan Dengan Porsi yang Sama Dengan Kondisi yang Sadar

Anda mungkin tanpa sadar ngemil sambil menonton televisi. Memang ngemil sambil nonton televisi terasa nikmat, namun hal tersebut akan membuat anda akan terus makan. Oleh sebab itu usahakanlah anda selalu makan dengan kesadaran yang penuh. Apalagi ketika anda sedang makan makanan yang tinggi kalori.

Walaupun demikian, anda juga tidak harus menjaga atau mengurangi porsi makan anda. Anda tetap bisa makan dengan porsi penuh jika anda mengganti beberapa makanan yang anda konsumsi. Anda dapat menyeimbangi semua yang anda makan seperti mencampurkan makanan yang tinggi kalori tersebut dengan sayur-sayuran dan kacang-kacangan di waktu yang lain. Sehingga tubuh anda tidak hanya menerima kalori yang besar saja, namun juga menerima vitamin dan gizi-gizi yang lainnya.

Jangan Melewatkan Waktu Sarapan

Sebuah penelitain menunjjukan bahwa orang yang melewatkan waktu sarapan mereka cenderung akan makan dengan porsi yang lebih besar di siang harinya. Ketika anda menahan lapar, hormon leptin akan dikeluarkan, sehingga akan membuat anda sulit mengendalikan nafsu makan di waktu makan berikutnya. Hal ini membuat tubuh anda akan kehilangan kendali sehingga anda akan lebih banyak makan dari biasannya.

Perbanyak Minum Air Putih

Banyak orang yang menyepelekan hal yang satu ini. Meskipun terlihat sederhana, namun banyak orang yang tidak mampu mencukupi kebutuhan air putih mereka dalam sehari. Kebutuhan air putih seseorang dalam sehari hanya 8 gelas saja.

Dengan mencukupi kebutuhan air putih inilah proses metabolisme tubuh akan terbantu dan berjalan dengan lancar. Sehingga mencegah tubuh dalam penaikan berat badan. Hal yang harus diperhatikan di sini ialah anda tidak dapat menggatikan kebutuhan air putih dengan yang lain. Apalagi dengan minuman manis yang bahkan bisa memberikan dampak yang sebaliknya pada tubuh anda.

0 Response to "Cara dan Tips Menjaga Bentuk Tubuh Tetap Ideal dan Sehat"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel