Motivasi Receh : Jangan Pernah Rendahkan Dirimu Apapun yang Terjadi

Dunia Ilmu – “Jangan Pernah Merendahkan Dirimu” mungkin itu adalah kata-kata yang seharusnya kita tanamkan pada diri kita sendiri Bagaimana tidak, jika kita sendri sudah merendahkan diri kita sendiri lalu siapa lagi yang akan menghargainya?

Motivasi Receh : Jangan Pernah Rendahkan Dirimu Apapun yang Terjadi

Mungkin banyak kita temukan orang yang menyalahkan dirinya atas sesuatu yang tidak dapat dilakukaknnya. Mungkin kita juga banyak menemukan orang yang kecewa akan dirinya atas kegagalan yang diperolehnya. Menyalahkan apa yang dimilikinya hingga merasa dirinya tidak berharga. Mungkin kita pernah menemukan orang yang seperti itu atau bahkan orang itu ada pada diri kita sendiri. Namun satu hal yang harus anda ketahui bahwasanya “Anda Itu Istimewa Dengan Apa Yang Anda Miliki”

Setiap Orang Itu Berharga Oleh Sebab Itu Banggalah

Itu adalah kata-kata yang seharusnya kita tanamkan pada diri kita. Ingatlah bahwa dirimu itu berharga dengan apa yang anda miliki. Apa yang berharga bagi saya, sedangkan saya tidak memiliki apa-apa? Mungkin ada yang bertanya seperti ini. Namun ingatlah setiap orang itu diciptakan dengan kelebihannya masing-masing dan setiap orang juga diciptakan dengan kekurangannya masing-masing pula. Oleh sebab itu jangan pernah katakan dirimu tidak bisa apa-apa dan tidak memiliki potensi apa-apa.

Cobalah untuk merenungkan dan mengingat-ingat kembali, apa yang bisa anda lakukan dan hal apa yang anda sukai. Dengan begitu anda akan mulai mengenal diri anda dan menganal apa kelebihannya. Jangan menganggap dirimu buruk terlebih dahulu, karena jika kamu telah terlanjur menilai buruk dirimu sendiri, maka kamu tidak akan menemukan kebaikan padanya lagi. “Siapa Lagi Yang Akan Memuji Dirimu Jika Semua Orang Merendahkannya Selain Dirimu Sendiri Dan Tidak Akan Ada Artinya Sebuah Pujian Jika Kamu Sendiri Tidak Merasa Bangga Dengan Dirimu Sendiri”
Ingatlah kata-kata itu dan tanamkan pada dirimu agar kamu dapat menghargai dirimu sendiri. Sebenarnya ada banyak hal dan banyak peristiwa yang dapat kita jadikan sebagai pelajaran agar kita menghargai diri sendiri, contohnya seperti cerita Tukang Perahu dan Seorang Profesor berikut:

Tukang Perahu dan Seorang Profesor

Suatu hari ada seorang profesor yang ingin pergi kesebuah pulau untuk melakukan peneltian. Untuk dapat mencapai pulau tersebut tentulah seorang profesor tersebut membutuhkan perahu. Profesor tersebut melihat sebuah perahu yang kebetulan singgah di tepi pantai. Lalu sang profesor menaiki perahu tersebut untuk pergi ke pulau tujuannya.


Ketika dalam perjalanan si profesor bertanya kepada tukang perahu. “Hay tukang perahu, pernahkah kamu belajar fisika?” Tanya sang profesor. Si tukang perahu menjawab, “tidak pernah prof”. “Rugilah kamu karna kamu kehilangan 30% kehidupanmu,” tegas sang profesor. Selang beberapa menit sang profesor bertanya lagi ke tukang perahu. “Hay tukang perahu, apakah kamu pernah belajar kimia?” Si tukang perahu menjawab “tidak pernah prof”. “Maka rugilah kamu karna kamu kehilang 30% lagi kehidupanmu”, tegas sang profesor. Selang beberapa menit kemudia, sang profesor kembali bertanya kepada si tukang perahu. “Hey tukang perahu, apakah kamu pernah belajar Geografi?” Dengan wajah tertunduk malu si tukang perahu menjawab “tidak prof”. “Sangat rugilah kamu tukang perahu kerena itu semua kamu telah kehilangan 90% kehidupanmu”, kata sang profesor.
Tak lama setelah itu datanglah badai yang sangat kencang sehingga membuat ombak menjadi ganas. Hal hasil, perahu yang ditumpangi oleh sang profesor tersebut terbalik. Dengan perasaan cemas sang profesor berusaha berpegangan dengan perahu yang terbalik tersebut bersama si tukang perahu tadi. Ketika sedang berpegangan pada perahu, si tukang perahu tersebut berkata “hey prof bolehkah saya bertanya satu hal? Apa jawab sang profesor. “Apakah kamu pernah belajar berenang?” Tidak jawab profesor. Dengan berenang sambil menjauh, si tukang perahu berteriak kepada sprofesor, “maka rugilah kamu profesor karena kamu akan kehilangan 100% kehidupanmu!”

Pesan Moral

Pelajaran yang dapat kita ambil dari kisah profesor dan tukang perahu tersebut ialah. Dalam kehidupan ini janganlah pernah merasa sombong dengan apa yang dimiliki. Karena apa yang orang lain bisa belum tentu kita juga bisa. Oleh sebab itu hargailah apa yang orang lain bisa. Dan untuk diri sendiri janganlah merasa malu dan menganggap kurang dengan apa yang dimiliki. Karena apa yang kita bisa belum tentu orang lain juga bisa.

Kehidupan ini seperi lingkaran dan saling terhubung. Penjabat tidak akan bisa menikmati padi jika tidak ada si petani. Si petani tidak akan bisa merasakan pendidik jika tidak ada guru. Guru tidak akan bisa mendapatkan uang jika tidak ada penajabat dan begitulah seterusnya. Semua orang dan semua pekerjaan itu berhubungan dan saling terhubung untuk saling melengkapi. Oleh sebab itu jangan pernah menyerah dengan diri sendiri dan jangan pernah menganggap apa yang kamu bisa tidak dibutuhkan orang lain.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter

Belum ada Komentar untuk "Motivasi Receh : Jangan Pernah Rendahkan Dirimu Apapun yang Terjadi"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel