Mengenal Secara Singkat Apa Itu Gugusdepan

Dunia Ilmu - Pramuka merupakan sebuah organisasi kepanduan yang bergerak di bidang sosial. Pramuka memiliki sebuah pangkalan yang dinamakan dengan "Gugusdepan" atau biasa disingkat dengan "Gugusdepan". Gugusdepan merupakan suatu kesatuan organik dalam gerakan pramuka yang merupakan wadah penghimpun  anggota dan pangkalan dari gerakan pramuka . Gugusdepan memiliki keanggotaan yang terbagi atas peserta didik dan pembina pramuka dan anggota majelis pembimbing gugusdepan atau biasa disingkat dengan Mabigus.

Mengenal Secara Singkat Apa Itu Gugusdepan

Ketentuan Umum dari Gugusdepan
Dalam gugus depan terdapat ketentuan umun yang mengatur dari berdirinya gugus depat tersebut. Ketentuan inilah yang menjadi landasan dari berdirinya gugus depan. Ketentuan-ketentuan umum itu berupa:
  1. Dapat dibentuk di pendidikan umum dan pendidikan keagamaan
  2. Dapat dibentuk di rukun warga dan rukun tetangga
  3. Sebagai perwakilan RI di luar negri
  4. Gudusdepan memiliki sistem satuan terpisah, yang mana antara anggota putra dan putri memiliki himpunannya sendiri
  5. Gugusdepan yang ada dalam negri dibina oleh Kwartir ranting
  6. Gugusdepan yang ada di perguruan tinggi dibina oleh Kwartir cabang.
  7. Gugusdepan yang ada di luar negri dibina oleh Kwartir Nasional
  8. Gugusdepan dibentuk bertujuan untuk menjadi wadah penghimpun Perindu siaga, Pasukan penggalan, Ambalan penegak dan racana pandega.


Ditinjau dari satuannya, gugusdepan dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu gugusdepan lengkap dan gugusdepan tidak lengkap. Gugusdepan lengkap merupakan gugusdepan yang memiliki anggota dari semua golongan, mulai dari perindu siaga, pasukan penggalang, ambalan penegak, hingga racana pandega. Sedangkan gugusdepan tidak lengkap merupakan gugusdepan yang hanya terdiri dari satu atau beberapa golongan saja.

Organisasi Gerakan Pramuka

Dalam gerakan pramuka, terdapat sebuah nomor yang menjadi tanda pengenalnya. Dalam satu gugusdepan terdapat dua buah nomor yang mewakili keanggotaan dari gugusdepan tersebut. Dalam penggunaannya, anggota putra dalam suatu gugs depan akan memakai nomor ganjil, sedangkan anggota putri memakai nomor genap. Nomor gugusdepan ini di atur oleh kwartir cabang, namun untuk gugusdepan yang berada di luar negri. Maka nomor gugusdepannya diatur oleh kwartir nasional.


Selain menggunakan nomor, gugusdepan juga dapat menambahkan nama-nama pahlawan, tokoh masyarakat, tokoh cerita rakyat, tempat bersejarah, benda-benda jagat raya, dan lain sebagainya yang memiliki keistimewaaan. Nama tersebut akan digandengkan dengan nomor gugusdepan dan menjadi lambang motivasi dari gugusdepan tersebut.

Dalam pengaplikasiaanya, gugusdepan tidak hanya bisa berpangkalan di sekolah ataupun perguruan tinggi saja. Namun sebenanya gugusdepan juga dapat didirikan di suatu wilayah. Gugusdepan yang berdiri di suatu wilayah ini disebut dengan gugusdepan wilayah. Gugusdepan wilayah dapat berpangkalan di lembaga pendidika seperti sekolah, perguruan tinggi, asrama, pesantren, gereja, dan tempat ibadah lainnya. Selain itu gugusdepan wilayah juga dapat berdiri di kelurahan, desa, wilayah rukun warga (RW), instansi pemerintahan dan swata, serta komplek perumahan pegawai.

Dalam berdirinya suatu gugusdepan, terdapat sebuah kewajiban yang mana setiap gugusdepan harus menerima kaum muda yang berusia 7 hingga 25 tahun yang bertempat tinggal di wilayah tersebut. Hal tersebut harus dilakukan tanpa membedakan suku, ras, golongan, dan agamanya. Contohnya, sebuah gugusdepan yang berpangkalan di sebuah SMA wajib menerima anggota pramuka dari wilayah tersebut sekalipun walaupun seseorang tersebut tidak bersekolah di SMA tersebut.

Struktur Pimpinan Gugusdepan

Pada gugusdepan terdapat struktur yang menjadi pengelola dari sebuah gugusdepan tersebut. Struktur tersebut terdiri atas majelis pembimbing gugusdepan, ketua gugusdepan yang dibantu oleh pembina satuan dan pembantu pembina satuan. Pembina gugusdepan ini dipilih secara musyawarah yang dinamakan dengan musyawarah gugusdepan. Masa jabatan dari pembina gugusdepan ini ialah tiga tahun dan jika sudah akan dilakukan musyawarah ulang untuk menunjuk pembina yang baru. 

Pembina satuan merupakan pembian yang terdiri dari pembina siaga, penggalang, penegak dan pandega. Selain pembina gugusdepan, dalam gugusdepan juga terdapat dewan kehormatan dan badan pemeriksa keuangan gugusdepan, serta majelis pembimbing gugusdepan. Dewan kehormatan ini dibentuk oleh pembina bertujuan sebagai badan yang menetapkan pemberian anugrah, penghargaan, dan sanksi. Sedangkan badan pemeriksa keuangan gugusdepan merupakan badan yang independen dan bertanggung jawab kepada musyawarah gugusdepan. Mabigus merupakan badan pemberi bimbingan, bantuan moril, organisatoris, material, dan finansial kepada gugusdepan. Selain itu mabigus juga berperan dalam memberikan konsultasi kepada gugusdepan dengan anggatanya yang terdiri dari unsur-unsur orang tua peserta didik dan tokoh masyarakat.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter

0 Response to "Mengenal Secara Singkat Apa Itu Gugusdepan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel