20 Website Penyedia Gambar Gratis Tanpa Hak Cipta

Dunia Ilmu - Gambar atau foto merupakan sesuatu yang dibutuhkan oleh seseorang, baik itu untuk dikoleksi atau digunakan kembali. Tidak sedikit orang yang menggunkan gambar untuk mengekspresikan karyanya, cotohnya saja blogger. Tidak hanya itu saja, para desainer-desainer juga ada yang menggabungkan gambarnya dengan gambar orang lain untuk mendapatkan karya yang baru. Lalu apakah kegiatan seperti ini diperbolehkan? Sebenarnya tidak masalah selagi kita tidak menggunakan karya orang yang telah memiliki hak cipta. Lalu apa itu hak cipta dan bagaimana mencari gambar tanpa hak cipta. Berikut akan saya bahas secara rinci:

20 Website Penyedia Gratis Tanpa Hak Cipta


APA ITU HAK CIPTA

Dilansir dari wikipedia, hak cipta dapat kita artikan sebagai hak eksklusif pencipta atau pemegang Hak cipta untuk mengatur penggunaan hasil penuangan gagasan atau informasi tertentu. Jadi pada dasarnya Hak cipta ialah hak yang dimiliki oleh si pencipta untuk mengatur penggunaan ciptaannya. Pecipta yang dimaksud disini ialah orang yang membuat suatu karya tersebut sehingga dia berhak atas karyanya. Tujuan dibuatnya hak cipta ialah untuk membantu pencipta mengatur mekanisme pelindungan cipta dari pengguna ciptaan. Pengguna ciptaan disini adalah orang atau oknum yang menggunkan karya orang lain untuk memperoleh keuntungan atau manfaat dari ciptaan tersebut.

APA GUNANYA MENCARI GAMBAR TANPA HAK CIPTA

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwasanya hak cipta adalah hak untuk mengatur cipataannya. Jadi ketika suatu karya atau gambar telah memiliki hak cipta dan digunakan oleh seseorang tanpa seizin si punya hak. Maka orang tersebut akan kena pelanggaran hak cipta. Oleh sebab itulah, bagi orang yang ingin menggunakan gambar orang lain untuk dimodifikasi dan digunakan ulang untuk keperluan sendiri, diperlukanlah yang namanya gambar tanpa hak cipta. Sehingga orang tersebut dapat mneggunakan gambar tersebut dengan leluasa dan tanpa takut kena hak cipta.


Sebenarnya ada banyak website yang menyediakan gambar secara free tanpa hak cipta. Gambar-gambar tersebut juga dapat digunakan dengan bebas dan dimodifikasi sesuai keinginan anda sendiri. Berikut adalah beberapa website yang menyediakan gambar tanpa hak cipta

1. Pixels

Website pertama yang menyediakan gambar tanpa hak cipta ialah pixels. Gambar yang terdapat di pixels dapat anda digunakan secara gratis. Terlebih lagi gambar yang ada disini mempunyai kualitas yang tinggi sehingga dapat digunakan untuk keperluan modifikasi foto. Berikut adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh pixels:
  • Gambar yang tersedia memiliki kualitas yang tinggi
  • Menyediakan banyak jenis gambar
  • Cocok digunakan untuk blog atau modifikasi ulang photo
  • Mudah dalam hal pencarian foto


2. Flickr

Website kedua yang menyidiakan gambar tanpa hak cipta ialah flickr creative commons. Creative commons ini dapat diartikan sebagai hak yang diberikan oleh seorang fotografer untuk mengizinkan gambarnya digunakan namun tidak menghilangkan keterangan dari gambar tersebut. Secara sederhananya creative commons ialah pembebasan penggunaan asalakan pengguna mematuhi syarat-syarat dari sipemiliki karya.

Pada filckr tidak semua gambar berlebel CC. Sehingga anda harus teliti dalam mencari gambar yang tersedia di sana. Walaupun begitu, anda tidak perlu khawatir dalam mencari gambar di filckr, karena anda dapat melakukan filter pencarinnya dari Any Licanse menjadi Commercial use & mods allowed. Berikut adalah beberapa kelebihan yang terdapat pada filckr:
  • Gambar yang tersedia memiliki kualitas yang tinggi
  • Mudah digunakan ulang
  • Menyediakan gambar dengan lebel Creative Commons


Namun filckr ini memiliki kekurangan diantaranya yaitu tidak semua gambar yang disediakan gratis dan tidak semua gambar hasil karya fotografer profesional.

3. Pixabay

Website penyedia gambar gratis selanjutnya ialah pixabay. Pixabay merupakan subuah komunitas kreative yang membagikan gambar beserta video yang bebas akan hak cipta. Semua yang ada pada pixabay memiliki lisensi creative commons CCO.


Gambar-gambar yang tersedia pada pixabay sudah banyak dan gambar tersebut juga merupakan karya dari fotografer profesional. Selain itu gambar yang tersedia di pixabay tentu memiliki kualitas yang tinggi.

Bukan hanya itu saja, pixabay pada websitenya juga menyediakan illustrator, vektor, video dan lainnya sehingga sangat bermanfaat bagi para blogger ataupun desainer. Berikut adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh pixabay:
  • Menyediakan banyak gambar dengan kualitas tinggi
  • Menyediakan gambar, vektor, illustrator, video, dan lainnya
  • Mudah digunakan dan ada pilihan kualitas saat ingin mendownload gambar


4. Gratisography

Website yang selanjutnya ialah gratisography. Gratisography ialah sebuah website pribadi dari fotogrefer Ryan McGuire. Website ini selalu melakukan update gambar satu minggu sekali dan tentu saja gambar tersebut gratis. Berikut adalah beberapa kelebihan dari gratisography:
  • Menyediakan banyak gambar
  • Gambar yang tersedia memiliki kualitas yang tinggi
  • Mudah dalam penggunaan


5. Stock Photos For Free

Website kelima yang menyediakan foto yang gratis ialah stock photos for free. Sama dengan website penyedia foto yang lainnya, website stock photos for free juga menyediakan berbagai macam gambar dan itu juga gratis. Namun pada stock photos for free, tidak terlalu banyak gambar yang tersedia sehingga tidak terlalu lengkap.

Selain itu, untuk dapat mendownload gambar yang tersedia di stock photos for free anda juga harus terdaftar sebagai anggota terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa kelebihan dari stock photos for free:
  • Menyediakan gambar dengan banyak ketagori
  • Pada setiap gambar, disediakan keterangan dimana gambar tersebut diambil


6. Freepix

Website selanjutnya ialah freepix. Freepix hampir sama dengan pixabay, yang mana Freepix juga menyediakan gambar dengan format vektor, PSD, dan illustrator. Selain itu gambar vektor yang tersedia di Freepix juga dapat dimodifikasi ulang, sehingga dapat membatu seorang desainer dalam membuat karya. Berikut adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Freepix:
  • Tersedia banyak gambar
  • Mudah dalam penggunaan
  • Gambar berkualitas tinggi
  • Menyediakan banyak jenis gambar dan dapat digunakan ulang


7. Wikimedia Commons

Website penyedia gambar selanjutnya yaitu berasal dari wikipedia yang bernama Wikimedia Commons. Wikimedia Commons juga sama dengan website penyedia gambar yang lainnya, yaitu menyediakan gambar secara gratis. Namun gambar yang tersedia di Wikimedia Commons ini memiliki satu keunikan yaitu gambar yang tersedia memiliki informasi-informasi. Sehingga gambar tersebut dapat digunakan sebagai media pembelajaran.


Akan tetapi, gambar-gambar yang tersedia di Wikimedia Commons ini tidaklah sekeren gambar yang ada pada situs lainnya. Walaupun begitu, gambar yang ada di Wikimedia Commons ini juga layak untuk digunakan. Berikut adalah beberapa kelebihan dari Wikimedia Commons:
  1. Menyediakan informasi yang lengkap tentang gambar
  2. Gambar sangat lengkap dibandingkan situ yang lainnya
  3. Menyediakan informasi-informasi yang lengkap pada gambarnnya sehingga dapat dijadikan sebagai media pembelajaran


8. Life of Pix

Penyedia gambar gratis selanjutnya adalah Life of Pix. Ada satu hal yang menarik di Life of Pix ini, yaitu pada halaman depannya tertulis bahwasanya semua gambar yang tersedia 100% gratis. Pada dasarnya situs ini memang memberikan ribuan gambar mereka kepada public domain sehingga semua gambarnya dapat digunakan secara gratis.

9. Super Famous

Sama dengan website penyedia gambar gratis lainnya, Super Famous juga menyediakan gambar dengan kualitas tinggi dan gratis. Super Famous ini menyediakan gambar dengan tema Abstract dan juga Nature sehingga pada websitenya akan banyak anda temui gambar dengan tema alam.

10. Google Gambar

Penyidia gambar selanjutnya yaitu sebuah website yang banyak dikunjungi oleh warganet, yaitu google. Seperti yang kita ketahui bahwasanya google juga menyediakan gambar untuk digunakan oleh penggunannya. Website penyedia gambar google ini diberi nama Google Gambar. Namun ada hal yang harus kita ketahui, bahwasanya tidak semua gambar yang tersedia di google ini gratis dan tanpa hak cipta. Oleh sebab itu kita harus bisa memiliki gambar yang kita ambil pada google jika ingin digunakan ulang agar tidak kena hak cipta.

Lalu bagaimana cara mengambil gambar di google supaya tidak kena hak cipta? Cara mengambil gambar di google tanpa hak cipta sebenarnya cukuplah mudah, anda hanya perlu melakukan filter gambar yang terletak pada menu alat. Kemudian pada menu Hak Pengguna yang awalnya "tidak difilter menurut lisensi". Anda ubah menjadi "dilebeli utuk digunakan ulang secara non-komersial dengan modifikasi". Jika sudak maka google akan mempilkan seluruh gambar yang anda cari yang tidak akan kena hak cipta. Mudah bukan.

Selain 10 website penyedia gambar gratis tanpa hak cipta di atas. Ada juga website lainnya yang juga menyediakan hal serupa sepeti:

13. Stokpic
16. Cupcake

Related Posts

Subscribe Our Newsletter

0 Response to "20 Website Penyedia Gambar Gratis Tanpa Hak Cipta"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel