Daun Sirih | Obat Tradisional yang Internasional


Daun Sirih – adalah sebuah tanaman yang mana daunnya sangat digemari oleh masyarakat Indonesia untuk dikunyah-kunyah. Sirih meupakan obat herbal yang banyak memiliki khasiat. Tanaman sirih tumbuh dengan cara menjalar ini memiliki kandungan seperti saponin, tannin, eugenol, dan berbagai jenis minyak. Sirih juga mengandung banyak air pada daunnya yaitu sekitar 85-90%. Selain itu daun sirih juga dapat membunuh jamur dan bakteri sehingga banyak produk kewanitaan yang memiliki bahan dasar dari sirih ini.
Konon katanya, tanaman sirih ini merupakan tanaman yang asli berasal dari Indonesia. Tanaman sirih dapat ditemui hampir di seluruh Asia tropis hingga Afrika Timur. Tanaman ini juga sudah menyebar luas ke seluruh wilayah kepulauan Indonesia, Malaysia, Thailand, Sri Lanka, India, dan Madagaskar.

CIRI-CIRI TANAMAN SIRIH

15 manfaat daun sirih

Tanaman sirih merupakan tanaman rambat dengan tinggi tanaman yang dapat mencapai hingga 15 meter, tergantung dengan kesuburan tanah dan media rambatnya. Batang sirih berwarna coklat kehijauan dengan bentuk bulat berkerut dan beruas. Ruas-ruas pada batang sirih bermanfaat sebagai tempat keluarnya akar. Daun sirih tunggal berbentuk seperti jantung dan berbentuk runcing dengan cara tumbuh berselang-seling. Panjang daun sirih sekitar 2-8 cm dengan lebar 2 hingga 5 cm. Bunga pada jantan memiliki panjang sekitar 1,5-3cm dan pada betina 1,5-6cm.
Daun sirih sudah digunakan sebagai obat sejak zaman dahulu oleh masyarakat Indonesia, seperti mengobati penyakit mimisan, sakit mata, sariawan, bau mulut, keputihan, dan bau badan. Di Indonesia sendiri, terdapat beberapa jenis sirih diantaranya sirih jawa, banda atau sirih yang berdaun besar, cengkih atau sirih yang berdaun kuning dan memiliki rasa yang tajam, sirih merah, dan sirih hitam. Sebagai besar masyarakat Indonesia memiliki budaya mengunyah sirih dengan dicampurkan gambir, piang, tembakau, dan kapur.


KANDUNGAN PADA TANAMAN SIRIH

  • Minyak atsiri
  • Betlephenol
  • Seskuiterpen
  • Pati
  • Diatase
  • Gula
  • Zat samak
  • Kavikol
  • Antioksidan
  • Fungisida
  • Anti jamur
  • Fenol
  • Kavikol


MANFAAT DAUN SIRIH BAGI KESEHATAN

  1. Menyembuhkan Luka

Daun sirih memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga membuatnya mampu membantu dalam penyembuhan luka. Cara penggunaannya cukup dengan mengolaskan daun sirih pada luka saja.

  1. Menghambat Karies Gigi

Kandungan minyak atsiri, flavonoid, alkanoid, dan senyawa fenolik yang ada pada daun sirih dapat bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan bakteri pada mulut. Sehingga dapat menghambat tumbuhnya karies pada gigi. Dan tradisi menguyah daun sirih ini sudah dilakukan sejak dulu oleh nenek kita.

  1. Mengurangi Rasa Tidak Nyaman pada Perut

Daun sirih dipercaya bermanfaat untuk mengatasi rasa tidak nyaman pada perut. Caranya yaitu cukup dengan merebus daun sirih dan meminum air rebusannya. Mengkonsumsi air rebusan daun sirih ini dapat membantu perut dalam menyerap mineral dan berbagi nutrisi dari makanan.

  1. Mengurangi Sakit Tenggorokan

Daun sirih dipercaya dapat mengobati demam dan sakit tenggorokan. Hal ini dikarenakan daun sirih memiliki kandunagn zat antiinflamasi dan antibakteri yang bisa mengatasi demam hingga sakit tenggorokan.

  1. Meringankan Nyeri

Kandungan chavicol yang ada pada daun sirih membuat tanaman ini memiliki sifat antiinflamasi yang kuat, oleh karna itu daun sirih dapat dimanfaatkan untuk mengurasi rasa nyeri yang ada pada tubuh. Caranya cukup dengan mengkonsumsi air rebusan daun sirih ini.

  1. Meredakan Batuk

Daun sirih dipercaya dari dahulu dapat mengobati batuk oleh masyarakat Indonesia. Hal itu dikarenakan air rebusan sirih ini mengandung Vitamin B, Vitamin C, dan Alkaloid yang dapat mengatasi peradangan yang menjadi penyebab batuk. Cara menggunakan daun sirih untuk obat batuk ialah dengan merebus 5 lembar daun sirih dengan 300 ml air, tunggu selama 15-20 menit, setelah itu minum. Lakukan sebanyak 1x sehari hingga batuk reda.

  1. Mengatasi Mimisan

Khasiat daun sirih yang juga sudah terkenal sejak lama yaitu untuk mengatasi mimisan. Cara penggunaannya sama dengan menggunakan daun sirih untuk mengatasi luka.


  1. Menurunkan Berat Badan

Daun sirih dapat membantu seseorang dalam menurunkan berat badannya, loh! Hal ini dikarenkan daun sirih dapat meningkatkan sistem metabolisme, meningkatkan sekresi pencernaan, dan menghilangkan kelebihan air dan racun dalam tubuh. Sehingga makanan yang dikonsumsi dapat diserap dengan baik oleh tubuh.

  1. Melawan Kanker

Mengunyah daun sirih dapat membantu dalam melawan kanker,loh! Berdasarkan penelitian, daun sirih diyakini dapat mencegah terjadinya kanker sumsum tulang, dan meningkatkan harapan untuk sembuh pada pasien Leukemia myeloid kronis.

  1. Menghilangkan Bau Badan

Kandungan antioksidan batiphenol, eugenol, dan chavicol yang ada pada daun sirih berguna dalam membunuh kuman. Oleh sebab itu daun sirih sangat berguna dalam menghilangkan bau badan. Caranya cukup dengan mandi menggunakan air rebusan daun sirih.

  1. Menyembuhkan Keputihan

Daun sirih dinyakini dapat mengatasi keputihan pada wanita, hal ini terbukti dengan banyaknya produk keputihan yang menggunkan bahan untama sirih. Namun bagi mereka yang tidak ingin mengelurkan uang untuk mengatasi keputihan, maka dapat menggunakan rebusan daun sirih ini untuk solusinya. Caranya cukup membasuh area kewanitaan tersubut dengan air rebusan daun sirih ini. Selain itu anda juga dapat air daun sirih ini sebagai obat dalam.

  1. Mengurangi Nyeri Saat Haid

Air rebusan daun sirih juga dapar dugunakan untuk mengurangi nyeri saat haid. Caranya pengonsumsiannya yaitu dengan mencampurkan daun sirih dengan kunyit dan gambir, kemudian rebus. Setelah itu minum air rebusan tersebut.

  1. Mengobaati Penyakit Jantung

Daun sirih juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit jantung, caranya cukup dengan menumbuk daun sirih bersamaan dengan bawang merah, jintan putih, biji kemukus, dan air.

  1. Menyembuhkan Luka Bakar

Daun sirih merah dimbuk, kemudian campurkan dengan madu dapat digunakan untuk mengatasi kulit yang terkena luka bakar, loh! Caranya cukup dengan mengolaskan ramuan tersebut ke area yang terkena luka bakar.


  1. Menghilangan Jerawat

Dengan rutin mencuci wajah dengan daun sirih dapat membuat wajah anda terhindar dari jerawat, selain itu bagi wajah yang sudah terlanjur memiliki jerawat juga dapat menggunakan rebusan daun sirih untuk mengatasinya

Related Posts

Subscribe Our Newsletter

Belum ada Komentar untuk "Daun Sirih | Obat Tradisional yang Internasional"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel