Bahaya Mengkonsumsi Nasi? | Tidak, Jika Dilakukan Dengan Benar


Nasi – merupakan makanan pokok rakyat benua Asia termasuk Indonesia. Kebanyakan orang Indonesia beranggapan bahwa dia belum makan jika belum memakan nasi, walaupun sebelumnya dia telah makan bakso, mie rebus, dan sebagainya.

SEJARAH NASI

Fakta dari Bahaya Nasi

Nasi sudah dikenal sejak dahulu, penemuan pertama nasi diceritakan pada kisah Umar Bin Al-Khatab. Ketika itu Umar Bin Al-khatab diminta bantuan oleh kerajaan persia untuk mempertahankan Kota Ubullah yang kalah dalam perang. Namun dalam perjalanannya pasukan Umar Bin Al-Khatab dilanda kelaparan yang mana yang bisa mereka temukan untuk dimakan dikala itu hanyalah dua buah tanaman, yang pertama adalah kurma dan yang kedua adalah padi.

Pada mulanya, pasukan itu tidak berani untuk memakan padi, mereka berfikiran bisa jadi padi itu beracun. Namun tanpa disengaja ada seekor kuda yang lepas dan memakan padi tersebut. Sebagian pasukan mengusulkan untuk menyembelih kuda tersebut dari pada mati keracunan, namun si pemilik kuda melarangnya dan bersedia menjaga kuda tersebut sampai pagi. Jika kuda tersebut akan mati, maka dia segera akan menyembelihnya.

Setelah menunggu hingga pagi, ternyata kuda tersebut tidak mati, sehingga pasukan tersebut beranggapan bahwasanya padi tersebut tidaklah beracun. Kemudian datanglah usul dari salah seorang saudara perempuan, dia berkata “ aku pernah mendengar dari bapak bahwasanya racun jika dipanaskan dengan api maka ia menjadi tidak berbahaya”


KANDUNGAN GIZI PADA NASI

  • Air – 108,14 gram
  • Kalori – 205 kkal
  • Protein – 4,25 gram
  • Lemak – 0,44 gram
  • Karbohidrat - 44,51 gram
  • Serat - 0,6 gram
  • Gula - 0,08 gram
  • Mineral – 162,67 mg
  • Vitamin – 2,91 mg


BAHAYA MENGKONSUMSI NASI

Secara umum nasi sangatlah baik dikonsumsi dan bahkan nasi mengandung banyak gizi yang baik bagi tubuh. Namun, walaupun begitu ternyata nasi dapat berbahaya bagi tubuh, loh! Bahkan nasi tersebut dapat menjadi racun bagi tubuh orang yang mengkonsumsinya. Hal tersebut dikarenakan nasi yang terus-menerus dipanaskan dalam rice cooker selama 12 jam akan merubahnya menjadi racun. Namun nasi masih baik dokonsumsi jika belum mencapai 12 jam. Oleh sebab itu disarankan untuk mengeluarkan nasi dari rice cooker ketika telah matang untuk dikonsumsi. Selain untuk nasi yang baik dikonsumsi itu ialah ketika sudah dingin, bukan ketika sedang hangat. Hal tersebut dikarenakan nasi yang dingin memiliki kadar gula yang lebih rendah dibandingkan nasi yang hangat.

Selain itu nasi yang telalu lama dipanaskan tersebut juga memiliki kadar gula yang tinggi sehingga meningkatkan resiko seseorang untuk tekena penyakit gula darah. Karbohidrat dan Gula disebut sebagai ibu dari sebuah penyakit, karena gula dapat memicu berbagai penyakit lainnya. Selain dapat membuat perut buncit, asupan berlebihan dari gula juga akan memuat tubuh kelebihan Trigliserida, kolesterol, Hipertensi, Jantung Koroner, dan Diabetes Melitus.

Memang banyak pakar yang memiliki pendapat yang berbeda tentang nasi ini, namun dari seluruh pendapat tersebut mereka setuju bahwasanya nasi yang disimpan dengan tidak baik dapat berakibat buruk bagi tubuh. Salin itu, belum ada penelitian yang signifikan yang mengatakan jangka waktu yang dilarang dalam pemanasan nasi, namun mereka tetap tidak menyarankan untuk mengkonsumsi nasi yang telah dipanaskan dalam jangka waktu yang lama. Selain itu nasi yang dihangatkan memiliki IG yang tinggi sehingga sangat dianjurkan untuk dihindari oleh pasien yang mengalami Diabetes. IG ini berbahanya bagi penderita diabetes namun tidak bisa disamakan dengan mereka yang memiliki tubuh yang sehat seperti rajin olahraga.

0 Response to "Bahaya Mengkonsumsi Nasi? | Tidak, Jika Dilakukan Dengan Benar"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel