Tanaman Bandotan | Musuh MAaG Kronis

APA ITU TANAMAN BANDOTAN


Nama Bandotan mungkin masih sedikit terasa asing bagi banyak masyarakat, namun jika melihat bentuknya tentulah tidak jadi asing lagi. Bandotan adalah sebuah tanaman liar yang mempunyai nama latin Ageratum Conyzoides, dalam bahasa inggris bandotan disebut dengan Billygoat-weed atau goatweed, sedangkan di pulau jawa bandotan sendiri disebut dengan sebutan Wesudan. 
Dalam segi nama, bandotan sendiri lebih merujuk kepada kambiang, atau namanya diakaitkan dengan kambing. Hal ini bukan tanpa alasan, karena bandotan yang sudah layu atau membusuk mengeluarkan bau seperti kambing jantan.

Manfaat Tanaman Bandotan Untuk penyakit Maag

Bandotan merupakan tumbuhan liar yang sangat mudah ditemui di sekitar perkarangan rumah, apalagi jika anda tinggal di daerah perdesaan. Selain itu bandotan juga sering dianggap sebagai tanaman pengganggu karena memang banyak dari masyarakat yang tidak mengetahui khasiat dari tanaman ini. Namun jika kalian mengetahuinya maka kalian pasti tidak akan membuangnya atau mencabutnya sembarangan.
Bandotan sendiri memilki kandungan kimia seperti saponin, flavonoid, pelifenol, kumarine, eugenol, HCN, dan minyak atsiri. 

Journal Ageratum Conyzoides: A Tropical Source of Medical and Agricultural Products, mengatakan bahwa tumbuhan bandotan ini berasal dari Amerika Serikat yang berpusat pada Amerika Tengah dan kepulauan Karibia. Menurut buku Weeds of Rice in Indonesia, bandotan masuk ke Indonesia sebelum tahun 1860 dan menyebar luas ke berbagai wilayah, walaupun sampai sekarang belum diketahui siapa yang mendatangkan tanaman ini ke Indonesia.

Baca juga: Obat Herbal Jerawat Paling Ampuh 

CIRI-CIRI TANAMAN BANDOTAN


Bandotan sering tumbuh liar di pekarangan rumah, pinggir jalan, ladang, sawah, pinggir sungai, bahkan di daerah semak belukar sekalipun. Tanaman bandotan termasuk kedalam jenis tanaman liar yang sangat mudah tumbuh sehingga penyebarannya sangat cepat dan mudah. Oleh sebab itu kita harus mengetahui ciri-ciri dari tanaman bandotan ini sendiri.
Tanaman bandotan ini memilki tinggi batang antara 30-80 cm dengan batang yang ditumbuhi oleh bulu-bulu halus berwarna putih. Bunganya tumbuh dengan cara berkumpul dalam satu wadah  menghadap arah yang sama, satu wadah bunga mempunyai isi sebanyak 60-70 individu bungan yang membuatnya seperti mahkota. Bandotan memilki bunga yang berwarna putih, namunjuga ada yang berwarna ungu. Daun bandotan memiliki panjang sekitar 2-10 cm dengan bentuk yang lonjong layaknya sebuah telur bahkan menyerupai ketupat. Bagian pinggir daunnya bergerigi dan mempunyai bulu halus berwarna putih dengan lebar daun sekitar 0,5-5 cm.

MANFAAT TANAMAN BANDOTAN UNTUK MAAG KRONIS


Bandotan memilki banyak khasiat dalam mengobati kesehatan dan salah satunya yaitu dapat mengobati maag. Bandotan diyakini dapat mengobati sakit maag kronis, bagian dari tanaman bandotan yang dapat mengobati maag tersebut adalah daunnya. Daun bandotan ini dipercaya dapat mengobati penyakit maag karena kandungan zat-zat yang ada di dalamnya yang dapat menurunkan asam lambung dan mengonbati iritasi pada lambung. Cara pengobatannya pun tidaklah susah, cukup dengan melakukan cara-cara berikut:

  1. Siapkan daun bandotan sebanyak 2 genggam
  2. Sediakan air 3 gelas
  3. Cuci dengan bersih daun bandotan tersebut
  4. Setelah itu rebuslah daun bandotan tadi dengan 3 gelas air, lalu tunggu hingga air mendidih
  5. Setelah air bersisa sekitar satu gelas, angkat dan saring ramuan bandotan tersebut ke dalam gelas
  6. Tunggulah airnya dingin untuk bisa dimunum
  7. Minumlah ramuan bandotan ini secara rutin setiap hari
Selain itu tanaman bandotan juga dapat digunakan untuk penyakit luar seperti luka dan bisul. Cara penggunaannya pun tidaklah terlalu sulit, kita cukup dengan menumbuk daun bandotan kering hingga menjadi seperti bubuk, kemudian taburkan bubuk tumbukan daun bandotan tersebut kepada luka yang ingin diobati, setelah itu balutlah dengan kain. Jangan lupa untuk selalu menukar balutan bandotan sehari sekali.

Baca juga: Kebiasaan Buruk Bulan Ramadhan Yang dapat Mendatangkan Penyakit

EFEK SAMPING DARI PENGGUNAAN TANAMAN BANDOTAN


Perlu diingat bahwasanya tanaman bandotan selain dapat mengobati juga memiliki efek samping yang harus dipertimbangkan. Seperti yang tidak anda ketahui, bahwasanya daun bandotan ini lebih sering digunakan sebagai bahan pastisida oleh orang-orang barat. Pastisida yang dibuatnya ialah berupa Insektisida dan Nematisida yang mana bahan dasarnya adalah ekstrak tanaman bandotan ini.  Hal itu dikarenakan tanaman bandotan itu sendiri mengandung senyawa Pyrrolizidine Alkaloid, yaitu senyawa yang diproduksi tanaman untuk pertahanan terhadap serangan serangga.
Selain itu Pyrrolizidine Alkaloid juga bersifat Hepatotoksik, yaitu dapat merusak hati, senyawa ini juga menjadi salah satu penyebab kanker hati. Oleh sebab itu, dari penelitian yang dilakukan tanaman bandotan tidak disarankan untuk dikonsumsi sebagai obat dalam, tetapi masih aman sebatas obat luar saja.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter

0 Response to "Tanaman Bandotan | Musuh MAaG Kronis"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel