Tanaman Bandotan | Musuh Maag Kronis

Indonesia merupakan negara yang di anugerahi oleh banyak tanaman. Tanaman-tanaman tersebut tumbuh dengan sangat mudah di bumi Indonesia. Bahkan banyak yang tumbuh tanpa di sengaja ditanam sekalipun.

Tumbuhan yang tumbuh tersebut tidak semata merupakan tanaman yang tanpa khasiat. Banyak tanaman yang tumbuh liar di itu memiliki manfaat. Namun tak banyak orang yang tau manfaatnya tersebut. Sama halnya dengan tanaman yang akan kita bahas pada artikel kali ini, yaitu tanaman BANDOTAN.

Manfaat Tanaman Bandotan Untuk penyakit Maag

APA ITU TANAMAN BANDOTAN

Tanaman Bandotan mungkin masih sedikit asing bagi sebagian masyarakat Indonesia. Namun bagi nenek moyang kita dulu tidak demikian. Tanaman Bandotan sudah digunakan sejak lama oleh nenek moyang masyarakat Indonesia sebagai obat tradisional.

Tanaman Bandotan merupakan tanaman yang dipercayai berasal dari Amerika bertepatan di Brasil. Tanaman ini memiliki nama latin Ageratum Conyzoides. Namun di Indonesia tanaman ini dikenal dengan berbagai nama seperti “Babandotan, wadusan, balam, rumput dan yang lainnya”. 

Dalam segi nama, bandotan sendiri lebih merujuk kepada kambing, atau nama dari tanaman ini dikaitkan dengan kambing. Alasannya ialah karena tanaman Bandotan akan mengeluarkan bau seperti kambing jantan apabila sudah layu dan membusuk.

KARAKTERISTIK TANAMAN BANDOTAN

Untuk dapat membedakan tanaman ini dengan tanaman lain tentulah kita harus tau karakteristik dari tanaman ini. Kita wajib mengetahui ciri-ciri fisik tanaman Bandotan agar anda nantinya tidak salah dalam menggunakan tanaman sebagai obat.

Tanaman Bandotan ini memiliki beberapa ciri-ciri dan karakteristik sendiri yang membedakannya dengan tanaman lain. Berikut adalah beberapa ciri-ciri tersebut:
  • Tumbuhan Bandotan memiliki batang sejati yang kuat dan keras. Batang Bandotan memiliki bulu-bulu halus berwarna putih dengan tinggi antara 30-80 cm.
  • Tumbuhan Bandotan memiliki bunga yang tumbuh secara majemuk yang terletak di bagian ujung tangkai berbentuk seperti mahkota. Bunga tanaman Bandotan berwarna putih. Satu wadah bunga berisikan kisaran 60-70 individu bunga.
  • Tanaman Bandotan memiliki daun yang berbentuk mirip seperti ketupat dengan panjang 2-10 cm. Bagian tepi daun bergerigi dan di tumbuhi oleh bulu halus berwarna putih di seluruh bagiannya. Lebar satu helai daun Bandotan berkisar antara 0,5-5 cm.

MANFAAT TANAMAN BANDOTAN UNTUK KESEHATAN

Tanaman Bandotan memang sudah digunakan sejak dulu oleh nenek moyang orang Indonesia. Namun pada zaman itu belum ada orang yang meneliti lebih lanjut akan manfaat dan khasiat tanaman ini. Sehingga pada zaman itu tanaman ini belum digunakan secara intensif.

Seiring perkembangan zaman, banyak orang yang meneliti tanaman ini. Sehingga terungkaplah berbagai manfaat tanaman ini yang mana sangat banyak. Berikut beberapa manfaat dari tanaman Bandotan untuk kesehatan:

1.Untuk Mengatasi Penyakit Maag Kronis

Bandotan memiliki banyak khasiat dalam mengobati kesehatan dan salah satunya yaitu dapat mengobati maag. Daun Bandotan dipercayai dapat mengobati penyakit maag dikarenakan kandungan-kandungan yang ada pada tanaman itu sendiri.

Pada tanaman Bandotan terdapat sejumlah kandungan zat kimia seperti saponin, flavonoid, polifenol, kumarine, eugenol, HCN, dan minyak atsiri. Kandungan ini bukan semata-mata tak ada manfaatnya.

Cara penggunaan Bandotan sebagai obat maag juga cukup mudah. Sehingga ada dapat menggunakannya hanya dengan meluangkan beberapa menit waktu anda untuk meraciknya. Berikut cara pembuatan obat maag dari tanaman Bandotan:
  • Siapkan daun bandotan sebanyak 2 genggam
  • Sediakan air 3 gelas
  • Cuci dengan bersih daun bandotan tersebut
  • Setelah itu rebuslah daun bandotan tadi dengan 3 gelas air, lalu tunggu hingga air mendidih
  • Setelah air bersisa sekitar satu gelas, angkat dan saring ramuan bandotan tersebut ke dalam gelas
  • Tunggulah airnya dingin untuk bisa diminum
  • Minumlah ramuan bandotan ini secara rutin setiap hari

2. Mengobati Tumor Rahim

Tanaman Bandotan dipercaya juga dapat digunakan untuk mengobati tumor pada rahim, meskipun hal ini belum di lakukan penelitian lebih lanjut. Untuk menggunakan tanaman Bandotan untuk mengobati tumor rahim, anda hanya perlu mengambil sekitar 50 gram daun Bandotan. Setelah itu rebus dengan tiga gelas air. Tunggu hingga air tersebut tersisa sekitar satu gelas. Kemudian saring air dari daun dan tunggu hingga dingin. Minum ramuan ini satu gelas sehari.

3. Mengobati Flu dan Malaria

Penyakit lainnya yang dapat di obati oleh tanaman Bandotan ialah malaria. Berikut tata cara pembuatannya:
  • Ambil sekitar 20gram daun Bandotan kering.
  • Cuci hingga bersih.
  • Rebus dengan memasukkan dua gelas air dan tunggu hingga menjadi satu gelas.
  • Saring, lalu tunggu hingga dingin sebelum di minum.
  • Minumlah air rebusan ini sebanyak 2 kali sehari.

4. Mengatasi Mual, Kembung, dan muntah

Tanaman Bandotan juga dapat di gunakan untuk mengatasi mual, kembung, dan juga muntah. Cara pembuatannya ialah dengan mengambil satu batang Bandotan berukuran sedang dan cuci hingga bersih. Potong kecil-kecil dan rebuslah menggunakan 3 gelas air. Tunggu hingga air rebusannya menjadi satu gelas, setelah itu saring dan tunggu hingga dingin sebelum di minum. Minum air rebusan Bandotan ini sebanyak 3 kali sehari.

5. Tanaman Bandotan Untuk Mengobati Penyakit Luar

Selain obat dalam, tanaman Bandotan juga bisa di gunakan sebagai obat luar. Tanaman Bandotan sendiri sudah sejak lama di gunakan oleh nenek moyang orang Indonesia untuk mengobati penyakit seperti luka ataupun bisul. Berikut beberapa penyakit yang dapat diobati dengan tanaman Bandotan dan cara meraciknya:

a. Obat Bisul

  • Ambil daun tanaman Bandotan secukupnya.
  • Cuci hingga bersih.
  • Tambahkan sedikit nasi dan sesendok teh.
  • Haluskan semua bahan.
  • Tempelkan ke arean bisul.

b. Mengatasi Rematik dan Bengkak Karena Terkilir

Cara pembuatan ramuan Bandotan ini sama denan cara pembuatan ramuan untuk bisul. Hanya saja pada ramuan ini kita memasukan sedikit batang tanaman Bandotan untuk di haluskan.

c. Mengatasi Radang Telinga

Cara pembuatan:
  • Ambil daun bandotan secukupnya.
  • Cuci hingga bersih.
  • Tumbuh daun tadi hingga menjadi halus.
  • Setelah itu peras tumbukkan daun tadi hingga meneteskan air dan aplikasikan ke bagian yang mengalami radang tersebut.

d. Menghentikan Pendarahan

Cara pembuatan:
  • Ambil daun dan batang Bandotan segar secukupnya.
  • Tumbuk hingga halus.
  • Tempelkan hasil tumbukan tersebut ke pada area yang mengalami pendarahan.

e. Kesuburan Rambut

Selain digunakan sebagai obat, ternyata tanaman Bandotan juga dapat di gunakan sebagai penyubur bagi rambut. Ramuan dari tanaman Bandotan ini dapat membuat rambut menjadi lebih sehat, hitam, dan tidak rontok. Berikut cara pembuatannya:
  • Ambil beberapa daun dan Bandotan segar.
  • Cuci hingga bersih lalu tumbuh hingga halus.
  • Oleskan hasil tumbukan tersebut ke kulit kepala secara merata.
  • Tutup kepala menggunakan kain dan tunggu selama 2-3 jam.
  • Setelah itu bilas rambut hingga bersih

Anda dapat melakukan cara ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

EFEK SAMPING YANG DITIMBULKAN DARI PENGGUNAAN TANAMAN BANDOTAN

Walaupun tanaman ini memiliki banyak manfaat, akan tetapi tanaman Bandotan ini juga memiliki beberapa efek samping. Seperti yang diketahui, bahwasanya daun bandotan ini lebih sering digunakan sebagai bahan pastisida oleh orang-orang barat. Pastisida yang dibuatnya ialah berupa Insektisida dan Nematisida yang mana bahan dasarnya adalah ekstrak tanaman bandotan.  Hal itu dikarenakan tanaman bandotan itu sendiri mengandung senyawa Pyrrolizidine Alkaloid, yaitu senyawa yang diproduksi tanaman untuk pertahanan terhadap serangan serangga.

Selain itu Pyrrolizidine Alkaloid juga bersifat Hepatotoksik, yaitu dapat merusak hati, senyawa ini juga dapat menyebabkan penyakit Veno-oklusif dan juga menjadi penyebab kanker hati. Oleh sebab itu, dari penelitian yang dilakukan tanaman bandotan tidak disarankan untuk dikonsumsi sebagai obat dalam, tetapi masih aman sebatas obat luar saja.

Dari penjelasan di atas dapat kita tarik kesimpulan bahwasanya tanaman Bandotan memang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Namun ada beberapa pertimbangan yang harus dilakukan ketika ingin mengkonsumsi tanaman yang satu ini. Terlebih lagi belum adanya penelitin secara mendalam terhadap tanaman Bandotan sehingga belum dapat dipastikan seberapa persen keefektifitasan tanaman ini bagi kesehatan.

Iklan Atas Artikel

Advertiser Google Adsense

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close