Hipertensi | Ramuan Herbal Untuk Pencegahannya

Hipertensi - adalah peningkatan pembuluh darah pada arteri, peningkatan ini membuat jantung harus bekerja lebih berat dari biasanya. Seseorang akan dinyatakan hipertensi apabila tekanan darahnya berada pada angka 140/90 mmhg atau lebih. Umumnya seseorang memiliki tekanan darah berkisar di angka 120/80 mmhg, kondisi ini disebut normal.

Hipertensi dan pengobatannya

Terdapat dua jenis Hipertensi, yaitu Hipertensi primer dan Hipertensi sekunder. Hipertensi primer adalah hipertensi yang umumnya terjadi tanpa ada gejala apapun dan biasanya sudah menjadi bawaan. Sedangkan hipertensi sekunder adalah hipertensi yang disebabkan oleh beberapa faktor yang diantaranya; masalah ginjal, tumor kelenjer adrenal, kelainan bawaan pembuluh darah, pengkonsumsian obat-obatan, alkohol, kokain, dan amfetamin. Selain itu ada beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan hipertensi, yaitu kehamilan, usia, keturunan, rokok dan kurangnya olah raga. Walaupun begitu sampai sekarang belum diketahui apa penyebab pasti dari hipertensi.

Hipertensi biasanya timbul tanpa diikuti gejala-gejala yang jelas, namun ada beberapa gejala-gejala dasar yang timbul bersamaan dengan hipertensi, yaitu sakit kepala, pusing, lelah,  penglihatan terganggu, nyeri pada bagian dada, susah bernafas, denyut jantung tidak teratur, Mimisan dan adanya darah pada urin. Apabila terdapat gejala-gejala berikut alangkah sebaiknya teman-teman membawa diri teman-teman ke rumah sakit untuk diperiksa.

Walaupun hipertensi didasarkan pada usia, namun semua kalangan bisa mengalami Hipertensi. WHO menyebutkan bahwa angka orang yang mengalami Hipertensi selalu meningkatkan. Peningkatan pengidap hipertensi pada orang dewasa diprediksi meningkatkan hingga 29%  pada tahun 2025.
Hipertensi juga dikenal sebagai pembunuh diam-diam karena penyakit hipertensi ini timbul tanpa gejala yang panjang. Namun penyakit ini menyebabkan komplikasi yang dapat mengancam nyawa. Beberapa penyakit yang dapat disebabkan oleh hipertensi yaitu: gagal jantung, penyakit jantung koroner, stroke, gagal ginjal, kebutaan, diabetes, dan penyakit lainnya.
Berikut adalah beberapa hal yang dapat digunakan untuk mengobati hipertensi, yaitu:

1. Bawang Putih
Bawang putih memiliki kemampuan untuk melebarkan dan melemaskan pembuluh darah berkat senyawa allicinnya. Efek tersebut membuat aliran darah menjadi lancar sehingga menurunkan tekanan darah. Namun walaupun begitu bawang putih hanya memberikan efek yang kecil.

2. Jahe
Jahe dapat membantu mengontrol tekanan darah dan meningkatkan siklus darah sehingga mampu mengendorkan otot-otot disekitar pembuluh darah. Teman-teman dapat mencampurkan jehe kedalam minuman atau makanan yang teman-teman konsumsi.

3. Kayu Manis
Kayu manis juga diyakini dapat membantu menurunkan tekanan darah. Dengan cara mengkonsumsi kayu manis setiap hari telah membantu menurunkan resiko tekanan darah tinggi pada penderitanya.

4. Daun Basil
Daun basil diyakini dapat menurunkan tekanan darah, ekstrak dari daun basil sendiri telah terbukti dapat menurunkan tekanan darah walaupun hanya sebentar. Cara mengkonsumsinya pun cukup mudah, yaitu cukup dengan mencampurkannya kepada makan seperti soup dan lainnya.

5. Hawthorn 
Hawthorn adalah obat tradisional yang telah digunakan oleh Tiongkok selama ribuan tahun lalu. Ramuan Hawthorn ini memiliki efek pada kesehatan jantung dan pembuluh darah, termasuk memancarkan siklus darah, menghindari pembekuan darah, serta menurunkan tekanan darah. Kita dapat mengkonsumsi Hawthorn dalam bentuk suplemen ataupun diseduh seperti teh.

6. Minyak Ikan
Minyak ikan mengandung omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung. Omega-3 juga berfungsi sebagai penghambat penyempitan pembuluh darah, mengurangi tekanan aliran darah, serta memperbaiki fungsi ginjal sehingga omega-3 baik untuk menurunkan hipertensi. Namun minyak ikan sendiri tidak terlalu populer dikalangan masyarakat, karena untuk mendapatkan minyak ikan itu sendiri sangatlah sulit.

Walaupun beberapa jenis obat-obatan diatas diyakini dapat menurunkan hipertensi, namun teman-teman tetap harus memeriksakan diri teman-teman ke dokter. Karena setiap orang belum tentu mendapatkan efek yang sama walaupun mengkonsumsi obat yang sama. Selain itu hipertensi bukanlah sebuah penyakit yang biasa, karena hipertensi dalam kasus yang lebih tinggi juga dapat menyebabkan kematian. Oleh sebab itu dari pada mengobati alangkah baiknya kita mencegah sebelum terjadi. Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya hipertensi yaitu dengan cara hidup sehat.

Sekianlah postingan saya kali ini, semoga bermanfaat bagi teman-teman pembaca. Mohon maaf apabila ada kesalahan kata dalam penulisan. Sekian Terima Kasih

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

0 Response to "Hipertensi | Ramuan Herbal Untuk Pencegahannya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel