Buah Plum | Penolong Diet yang Memiliki Banyak Manfaat


Assalamualaikum Wr.wb 

          Oke.....teman-teman, pada postingan kali ini saya akan membahas tentang buah plum yang mana buah ini masih dalam satu jenis yang sama dengan buah Cherry. Buah plum ini tidak begitu terkenal di Indonesia, karena buah ini memang tidak berasal dari Indonesia.


          Buah plum pertama kali dikenal oleh bangsa Eropa sejak 2000 tahun yang lalu. Di daerah tersebut buah Plum disajikan sebagai buah meja atau sebagai pencuci mulut. Bahkan di daerah tersebut buah Plum telah di olah menjadi selai, jeli dan penyedap rasa buah. 

           Di Indonesia sendiri buah Plum memang tidak populer, bahkan banyak orang yang belum pernah melihatnya secara lansung karena buab inj memang buah impor. Walaupun begitu ternya biah Plum memiliki banyak manfaat bagi tubuh apalagi bagi orang yang melakukan diet biah. Maka buah Plum termasuk salah satu pilihan yang baik. 

          Dalam buah Plum terdapat Vitamin A, B, C, K, zat besi, kalsium, serat, mineral, thiamin,  ribovlamin, niacin, lemak, protein, dan karbohidrat. Selain itu buah Plum juga memiliki kandungan anthocyanins yang tinggi, yaitu seyawa phenols sehingga membuat buah ini mudah di serap oleh usus kecil dan usus besar. Anthocyanins ini juga memiliki efek antioksidan yang tinggi sehingga bermanfaat bagi kesehatan. Selain itu buah Plum juga baik untuk menjaga berat badan karena memiliki serat yang banyak dan tidak memiliki lemak jenuh. 

          Buah Plum pada saat ini telah memiliki setidaknya nya 40 Varietas. Varietas ini terbagi atas 14 varietas Plum Eropa, 18 varietas Plum Jepang, dan 8 varietas Plum Cherry. Varietas ini didapatkan dari budidaya buah Plum dengan cara melakukan kawin silang buah Plum antar spesies. 

          Berikut adalah beberapa manfaat dari buah plum, diantaranya: 

1. Mencegah Kanker 

     Zat antosianin dan fitonutrien yang terdapat dalam Plum hitam diyakini dapat menghentikan perkembangan sel kanker tanpa merusak sel-sel sehat yang ada dalam tubuh. 

2. Menjaga Kesehatan Mata

     Kandungan Vitamin A yang terdapat pada buah Plum dapat berperan untuk menjaga, melindungi, dan meningkatkan kualitas organ mata. 

3. Melancarkan Pencernaan

     Buah Plum yang memiliki banyak serat juga dapat membantu dalam melancarkan pencernaan dan memperbaiki sistem pencernaan sehingga dapat membuang racun yang ada dalam tubuh. 

4. Menyembuhkan Obesitas

     Senyawa Bioaktif yang terdapat dalam buah Plum diyakini dapat melawan sindrom metabolisme. Flavonoid dan fenol yang terdapat didalam buah Plum juga dapat mencegah obesitas. Penggunaan buah Plum sebagai pembantu diet juga dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh penderita kelebihan berat badan. 

5. Mengontrol Diabetes

     Meskipun memiliki karbohidrat yang tinggi, buah Plum tidak akan menyebabkan peningkatan gula darah setelah makan. Hal ini karena khasiat buat Plum yang mampu meningkatkan kadar adiponektin yang dapat mengatur kadar gula dalam darah. Selain itu kandungan fiber yang terdapat dalam buah Plum juga dapat memperlambat penyerapan karbohidrat, sehingga gula darah tidak meningkatkan secara mendadak setelah makan. Sehingga buah Plum juga  baik untuk menjaga kesehatan jantung. 

6. Mencegah Osteoporosis

     Kandungan anabolic dan anti-resoptive yang terdapat dalam buah Plum kering ternyata mampu menjaga kesehatan tulang. Selain itu flavonoid seperti asam caffeic juga dapat mencegah penurunan jaringan tulang yang dapat menyebabkan penyakit osteoporosis pada wanita yang telah mengalami menopause. 

7. Meningkatkan Sistem Imun

     Kandungan Vitamin C yang tinggi dalan buah Plum dapat membantu meningkatkan sistem imun agar terhindar dari berbagai macam infeksi dan radang penyakit. 

8. Menjaga Kesehatan Jantung

     Vitamin K yang terdapat dalam buah Plum dapat mengendalikan denyut jantung serta memperlancar aliran darah yang baik untuk pencegahan pembekuan darah dalam tubuh. 

9. Menjaga Fungsi Otak

     Kalium yang terdapat dalam buah Plum dapat membantu menjaga fungsi otak. Sehingga meningkatkan proses berpikir serta membantu meningkatkan konsentrasi dan fokus. Selain itu zat besi yang terdapat dalam buah Plum juga dapat mencegah penyakit anemia.

10. Melindungi Diri dari Radikal Bebas

       Antioksidan yang terdapat dalam buah Plum bermanfaat untuk mengurangi jumlah radikal bebas yang berbahaya di dalam tubuh. Selain itu, jika buah Plum di konsumsi oleh wanita hamil juga dapat membantu menjaga pertumbuhan dan kesehatan janin tersebut. 

          Sekianlah Postingan Saya Kali Ini, Semoga bermanfaat dan dapat berguna bagi teman-teman pembaca. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penyampaian. Sekian Terima Kasih 

Wassalamu'alaikum Wr.  Wb 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close